Kompas.com - 03/05/2018, 18:31 WIB
Ilustrasi NASA menunjukkan reaktor Kilopower dan radiatornya di bulan. Ilustrasi NASA menunjukkan reaktor Kilopower dan radiatornya di bulan.


KOMPAS.com - Terobosan paling baru Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) adalah meluncurkan reaktor nuklir ke luar angkasa, yang disebut Kilopower.

Kilopower didesain untuk menyediakan tenaga listrik sebagai bahan bakar yang dibutuhkan misi NASA saat melakukan eksplorasi di luar angkasa. Reaktor nuklir ini nantinya akan dipasang di bulan, mars, atau planet lainnya.

"Saat kita pergi ke bulan atau Mars, mungkin kita membutuhkan sumber daya besar dan tidak bisa hanya tergantung pada matahari," ujar Jim Reuter, administrator rekanan NASA untuk teknologi ruang angkasa, dilansir Geek Wire, Rabu (2/5/2018).

Baca juga : NASA dan ESA Akan Ambil Tanah Mars, Untuk Apa?

Untuk mewujudkannya, langkah pertama yang dilakukan adalah memastikan bahwa teknologi tersebut aman.

NASA dan lembaga terkait yang terlibat dalam proyek ini telah melakukan serangkaian pengujian sejak November 2017 hingga Maret 2018 di Situs Keamanan Nasional Nevada milik NNSA.

Uji coba intinya adalah saat tim memindahkan reaktor uji ke ruangan hampa udara selama 28 jam yang mensimulasikan siklus daya penuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sistem daya yang dikenal sebagai Kilopower Reactor Using Stirling Technology (KRUSTY) dimasukkan melalui tes tambahan untuk melihat bagaimana sistem saat menangani kegagalan.

"Kami membuang semua yang kami bisa di reaktor untuk melakukan skenarimo operasi nominal dan off-normal. Hasilnya, KRUSTY lolos," kata David Poston, perancang reaktor utama di NNSA Los Alamos National Laboratory dalam siaran pers.

Ia menegaskan, terobosan reaktor tenaga nuklir merupakan konsep pertama di AS selama 40 tahun terakhir. Tak hanya di ruang angkasa atau NASA saja, namun semua bidang di AS.

Tahap uji coba

Halaman:


Sumber Geek Wire
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.