Kompas.com - 03/05/2018, 18:31 WIB
Ilustrasi NASA menunjukkan reaktor Kilopower dan radiatornya di bulan. Ilustrasi NASA menunjukkan reaktor Kilopower dan radiatornya di bulan.

KOMPAS.com - Terobosan paling baru Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) adalah meluncurkan reaktor nuklir ke luar angkasa, yang disebut Kilopower.

Kilopower didesain untuk menyediakan tenaga listrik sebagai bahan bakar yang dibutuhkan misi NASA saat melakukan eksplorasi di luar angkasa. Reaktor nuklir ini nantinya akan dipasang di bulan, mars, atau planet lainnya.

"Saat kita pergi ke bulan atau Mars, mungkin kita membutuhkan sumber daya besar dan tidak bisa hanya tergantung pada matahari," ujar Jim Reuter, administrator rekanan NASA untuk teknologi ruang angkasa, dilansir Geek Wire, Rabu (2/5/2018).