Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Emisi Karbon Dioksida Terus Meningkat Sejak Era Industri

Kompas.com - 02/05/2018, 17:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Newsweek


KOMPAS.com - Karbon dioksida (CO2) adalah senyawa yang erat hubungannya dengan era industri.

Sejak dunia industri mulai tumbuh 150 tahun terakhir, emisi CO2 meningkat pesat. Faktor utamanya adalah pembakaran fosil untuk batu bara, gas alam, dan minyak bumi.

Dilaporkan Newsweek Senin (1/5/2018), hal ini berdampak pada meningkatnya permukaan laut, tanaman tidak tumbuh subur, dan nyamuk pembawa penyakit malaria berkembang biak.

Menurut data yang dikeluarkan Pusat Analisis Informasi Karbon Dioksida Departemen Energi AS (CDIAC), manusia telah meningkatkan lebih dari 400 miliar ton CO2 ke atmosfer sejak 1751.

Baca juga : Angka Karbon Dioksida Tunjukkan Nasib Bumi yang Makin Mengkhawatirkan

Sekitar setengah dari jumlah tersebut diproduksi pada akhir 1980-an hingga sekarang.

Selain itu, penggunaan bahan bakar fosil padat dan cair yang digunakan sebagai sumber batu bara dan minyak menyumbang sekitar tiga perempat dari total tersebut.

Misalnya saja pada 2014 penggunaan bahan bakar fosil dan pembuat semen dapat melepaskan sekitar 9,9 miliar ton CO2. Ini adalah level tertinggi sepanjang sejarah.

Setelah lebih dari 30 tahun beroperasi, CDIAC memutuskan tutup September lalu. Data yang mereka miliki dikirim ke sejumlah tempat seperti Ocean Carbon Data System milik NOAA dan California Institute of Technology.

Di tahun ini, para Ilmuwan kembali memperingatkan kita dengan sejumlah fakta seperti pencairan es Arktik, cuaca ekstrem yang dihadapi AS, juga runtuhnya kehidupan laut.

Baca juga : Polusi Turun Drastis dalam 4 Tahun, Bagaimana China Melakukannya?

Presiden Perancis Emmanuel Macron pun angkat bicara terkait kasus ini dengan beralih ke ekonomi global rendah karbon.

"Membangun masa depan yang lebih baik adalah untuk generasi penerus agar bisa hidup layak di bumi. Beberapa orang berpikir mengolah industri saat ini jauh lebih penting dibanding mengubah perekonomian. Saya sudah mendengar fakta ini, dan kita harus segera beralih ke ekonomi rendah karbon," kata Macron dalam pertemuan dengan anggota Dewan dan Senat AS.

PBB akan segera bertemu di Katowice, Polandia dalam acara Konferensi Perubahan Iklim (COP 24) pada Desember untuk membahas masalah perubahan iklim. Sebelum pertemuan berlangsung, para ahli saat ini sedang mendiskusikan inovasi teknologi dan jalan keluar di Bonn, Jerman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com