Kompas.com - 21/04/2018, 19:08 WIB
Robot merakit kursi IKEA di Nanyang Technology University. NTU/Handout via REUTERS HANDOUTRobot merakit kursi IKEA di Nanyang Technology University. NTU/Handout via REUTERS

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, merakit furnitur IKEA adalah salah tugas yang paling menyebalkan. Anda harus mengikuti berlembar-lembar instruksi dan berkutat dengan berbagai sekrup dan baut untuk melakukannya. Hanya untuk merakit satu furnitur saja, waktu satu jam bisa melayang.

Untungnya, para peneliti di Nanyang Technological University (NTU), Singapura, telah berhasil menciptakan robot yang bisa mengambil alih tugas tersebut.

“Merakit sebuah kursi IKEA membutuhkan banyak keterampilan, dari persepsi mengenai di mana obyek-obyek berada, perencanaan gerakan untuk mengambil obyek tersebut, hingga berinteraksi dengan lingkungannya agar tidak bertabrakan,” ujar asisten profesor Pham Quang Cuong yang memimpin tim peneliti.

Baca juga : Terinspirasi ?Gundam?, Insinyur Jepang Bangun Robot Raksasa

Untuk melaksanakan tugas kompleks ini, tim Pham membangun robot selama tiga tahun dengan menggabungkan lengan, penggenggam, sensor untuk mengatur kekuatan, kamera tiga dimensi.

Dalam video demonstrasi yang dipublikasikan akun Youtube NTUsg, tampak bahwa robot bisa merakit kerangka kursi makan IKEA dalam waktu sembilan menit saja hanya dengan instruksi seperti lembaran yang disertakan oleh IKEA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ke depannya, Pham meyakini bahwa robot-robot ini akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk bisa merakit furnitur hanya dengan instruksi verbal dari pemiliknya atau melihat gambar hasil jadinya saja.

“Kita telah mencapai kemampuan tingkat rendah untuk mengajari robot ‘Bagaimana cara melakukannya’, dan dalam lima sampai 10 tahun, pola pikir tingkat tinggi mengenai ‘Apa yang harus dilakukan’ juga akan bisa diajarkan,” kata Pham, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (19/4/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters,CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.