Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akhirnya, Ada Robot yang Bisa Merakit Kursi IKEA Anda

KOMPAS.com – Bagi sebagian orang, merakit furnitur IKEA adalah salah tugas yang paling menyebalkan. Anda harus mengikuti berlembar-lembar instruksi dan berkutat dengan berbagai sekrup dan baut untuk melakukannya. Hanya untuk merakit satu furnitur saja, waktu satu jam bisa melayang.

Untungnya, para peneliti di Nanyang Technological University (NTU), Singapura, telah berhasil menciptakan robot yang bisa mengambil alih tugas tersebut.

“Merakit sebuah kursi IKEA membutuhkan banyak keterampilan, dari persepsi mengenai di mana obyek-obyek berada, perencanaan gerakan untuk mengambil obyek tersebut, hingga berinteraksi dengan lingkungannya agar tidak bertabrakan,” ujar asisten profesor Pham Quang Cuong yang memimpin tim peneliti.

Untuk melaksanakan tugas kompleks ini, tim Pham membangun robot selama tiga tahun dengan menggabungkan lengan, penggenggam, sensor untuk mengatur kekuatan, kamera tiga dimensi.

Dalam video demonstrasi yang dipublikasikan akun Youtube NTUsg, tampak bahwa robot bisa merakit kerangka kursi makan IKEA dalam waktu sembilan menit saja hanya dengan instruksi seperti lembaran yang disertakan oleh IKEA.

Ke depannya, Pham meyakini bahwa robot-robot ini akan dilengkapi dengan kecerdasan buatan untuk bisa merakit furnitur hanya dengan instruksi verbal dari pemiliknya atau melihat gambar hasil jadinya saja.

“Kita telah mencapai kemampuan tingkat rendah untuk mengajari robot ‘Bagaimana cara melakukannya’, dan dalam lima sampai 10 tahun, pola pikir tingkat tinggi mengenai ‘Apa yang harus dilakukan’ juga akan bisa diajarkan,” kata Pham, seperti dilansir dari Reuters, Kamis (19/4/2018).

https://sains.kompas.com/read/2018/04/21/190800923/akhirnya-ada-robot-yang-bisa-merakit-kursi-ikea-anda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke