Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Begini Ternyata Bentuk Telur Hiu

Ada hiu yang berkembang biak dengan cara vivipar atau melahirkan. Ada juga hiu yang berkembang biak dengan cara ovipar atau bertelur.

Setiap telur hiu berisi embrio dan kantung berisi kuning telur yang dijadikan makanan pertama mereka. Perhatikan gambar di bawah, Anda akan melihat tali pusarnya terhubung dengan kuning telur.

Diwartakan Live Science, Selasa (17/4/2018), telur hiu berbeda dengan telur ayam. Meski keduanya memiliki kuning telur yang dijadikan sumber makanan embrio, telur hiu terbungkus di dalam kulit kedap udara yang keras agar dapat terus menjaga embrio dari pemangsa.

Kulit pelindung itu sangat penting, karena ibu hiu cenderung akan berenang menjauhi keturunannya setelah bertelur. Anak-anak hiu sudah dibiarkan mandiri sejak awal kehidupannya.

Telur hiu, beda bentuk dan ukuran

Mengingat kulit bagian mereka yang kasar dan misterius, banyak kasus telur hiu yang terdampar di pantai dianggap sebagai mermaid's purses atau kantung putri duyung.

Setiap spesies memiliki bentuk dan ukuran berbeda.

Ada yang seperti dilihat dalam gambar di atas, ada pula yang memiliki telur berukuran panjang dan dilengkapi dengan sesuatu semacam tanduk di setiap sisi. Telur yang seperti ini kadang-kadang disebut devil's purses atau kantung setan.

Selain itu, ada juga telur milik hiu tanduk California yang telurnya berbentuk botol dan ibu hiu cenderung meletakkannya di sudut berbatu.

Dalam video yang viral di Reddit sejak Senin (16/4/2018), sekilas mungkin Anda melihat balon berwarna hijau. Namun, saat diterangi dengan lampu senter, Anda dapat melihat embrio hiu di dalamnya sedang berenang. Rupanya, hiu junior tidak senang dengan cahaya yang menyinari rumahnya.

Menurut beberapa komentator Reddit, telur di gambar ini kemungkinan adalah milik hiu bambu yang tak jelas asalnya dari mana. Berikut penampakannya.

https://sains.kompas.com/read/2018/04/18/183100323/begini-ternyata-bentuk-telur-hiu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke