Hilang Satu Dekade, Hiu Langka Ditemukan di Pasar Ikan India - Kompas.com

Hilang Satu Dekade, Hiu Langka Ditemukan di Pasar Ikan India

Kompas.com - 15/04/2018, 14:05 WIB
Para penjual ikan di Kolkatta, India. DIBYANGSHU SARKAR / AFPDIBYANGSHU SARKAR / AFP Para penjual ikan di Kolkatta, India. DIBYANGSHU SARKAR / AFP

KOMPAS.com – Sebuah kisah tragis dipublikasikan melalui Journal of Fish Biology. Hiu sungai gangga (Glyphis gangeticus) yang tidak pernah terlihat selama lebih dari satu dekade muncul lagi. Namun, ia ditemukan dalam keadaan sudah mati di pasar ikan Mumbai, India.

Hiu sungai gangga betina berukuran 2,6 meter tersebut ditemukan pada bulan Februari 2016 oleh para peneliti yang mengamati penjualan ikan hiu di dermaga Sassoon selama dua tahun lamanya.

Para peneliti dengan segera mengidentifikasikannya berdasarkan hidungnya yang bundar, matanya yang kecil, dan siripnya yang unik.

Penelitian yang didanai oleh Save Our Seas Foundation ini pun menjadi penampakan hiu sungai gangga pertama yang dikonfirmasikan oleh para peneliti dan pengamatannya di lapangan pertama selama satu dekade terakhir.

Baca juga : Fosil Hidup, Spesies Hiu Baru Ini Lebih Tua dari Dinosaurus

Sayangnya, para peneliti tidak bisa melakukan pengukuran morfologi maupun mengambil sampel jaringan karena “kecepatan penjualan ikan di lokasi”. Mereka pun tidak yakin di mana hiu ditangkap, walaupun penelusuran lebih lanjut mengusulkan pesisir timur laut Laut Arab.

Terancam punah

Hiu sungai gangga sangatlah misterius. Ia tidak pernah terlihat selama satu dekade lamanya hingga spesimen terbaru ini sehingga jumlah dan statusnya sangat sulit diperkirakan.

Rima Jabado, pendiri Gulf Elasmo Project berkata  kepada New Scientist bahwa apa yang para peneliti ketahui tentang hiu sungai gangga hanya berasal dari tiga spesimen museum yang ditangkap pada abad ke-19 dan beberapa tulang rahang yang ditemukan di desa-desa terpencil.

Baca juga : Jangan Percaya Mitos, Minyak Hati Ikan Hiu Tak Sembuhkan Kanker

Selain itu, para peneliti juga berusaha mengungkap rahasia hiu sungai gangga melalui saudara sepupunya di Australia yang kini diketahui bisa hidup di lingkungan sungai dan lautan.

Dikarenakan kelangkaannya, International Union for Conservation of Nature (IUCN) pun mencatat spesies ini sebagai hewan yang sangat terancam punah.

Spesies ini juga termasuk dalam 10 jenis ikan Chondrichthyes yang dilindungi oleh pemerintah India. Akan tetapi, IUCN mempertanyakan sejauh mana perlindungan tersebut dilaksanakan.

Pasalnya, para peneliti masih melihat penangkapan ikan yang berlebihan di negara tersebut; dan selama 30 tahun terakhir, India masuk tiga besar penangkap hiu dan pari dunia.

Para peneliti studi yang baru dipublikasikan ini pun meminta pemerintah India dan badan-badan konservasi untuk segera melakukan upaya mitigasi dan konservasi hiu sungai gangga.


Komentar
Close Ads X