Kompas.com - 14/04/2018, 09:08 WIB

KOMPAS.com - Kekompakan hewan dengan manusia sering terjadi. Tapi bagaimana jika hewan tersebut menirukan tingkah manusia?

Hal ini terjadi di Busch Garden Tampa Bay, Florida. Sebuah video yang diunggah pada laman Facebook taman tersebut menunjukkan seekor gorila yang menirukan tingkah pelatihnya.

Bolingo adalah gorila tersebut yang menirukan gaya Rachel Hale, pelatihnya. Menurut Busch Garden, pasangan lintas spesies ini memang berinteraksi setiap minggunya.

Interaksi tersebut merupakan bagian kegiatan membangun kepercayaan yang bertujuan untuk menempa hubungan positif antara Bolinggo dan pelatihnya.

Baca juga: Gorila Ini Bisa Berjalan Tegak Seperti Manusia, Apa Sebab?

Hale sendiri telah bekerja dengan Bolinggo selama tiga tahun terakhir. Salah satu yang dia amati pada hewan ini adalah perilaku kognitifnya, termasuk cara Bolingo memehami bentuk dan warna.

"Lihatlah perkembangan momen pengayaan ini dengan spesialis perawatan hewan, Rachel!" tulis keterangan video tersebut.

"Pelatihan jenis ini memungkinkan kami untuk membangun kepercayaan dan hubungan positif dengan hewan-hewan di Busch Garden Tampa Bay, terutama untuk memberi mereka lingkungan yang menstimulasi mental dan fisik," lanjutnya.

Dalam video berdurasi 32 detik itu, terlihat seekor gorila yang menirukan gaya wanita di depannya. Salah satunya, saat dia berdiri dengan menempelkan tangan dan bagian tubuhnya seolah-olah memeluk gorila tersebut.

Dalam keterangannya, Hale menyebuh bahwa Bolinggo adalah satu di antara tujuh gorila di taman tersebut.

"Ketika melihat kesejahteraan menyeluruh dari hewan-hewan kami, kami menyediakan mereka lingkungan yang positif berdasarkan pilihan dimana mereka bisa sukarela berpartisipasi dalam segala hal yang kami lakukan," ujar Hale dikutip dari Newsweek, Kamis (12/04/2018).

Menurut Hale, kepribadian Bolingo yang konyol, enerjik, dan cerdas memnbuatnya tak pernah bosan berinteraksi dengan hewan ini.

"Tujuan saya setiap hari adalah menemukan cara-cara baru untuk membuatnya tetap terlibat," kata Hale.

"Ia pilih-pilih tentang apa yang menarik baginya, jadi sesi yang Anda lihat di video tersebut sebelumnya adalah ide baru setelah saya berpikir out of the box," tutupnya.

Baca juga: Video Langka Tampilkan Kedekatan Ibu Gorila dan Bayinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Newsweek


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.