Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kisah Nyata dari Florida, Seekor Gorila Tirukan Tingkah Pelatihnya

KOMPAS.com - Kekompakan hewan dengan manusia sering terjadi. Tapi bagaimana jika hewan tersebut menirukan tingkah manusia?

Hal ini terjadi di Busch Garden Tampa Bay, Florida. Sebuah video yang diunggah pada laman Facebook taman tersebut menunjukkan seekor gorila yang menirukan tingkah pelatihnya.

Bolingo adalah gorila tersebut yang menirukan gaya Rachel Hale, pelatihnya. Menurut Busch Garden, pasangan lintas spesies ini memang berinteraksi setiap minggunya.

Interaksi tersebut merupakan bagian kegiatan membangun kepercayaan yang bertujuan untuk menempa hubungan positif antara Bolinggo dan pelatihnya.

Hale sendiri telah bekerja dengan Bolinggo selama tiga tahun terakhir. Salah satu yang dia amati pada hewan ini adalah perilaku kognitifnya, termasuk cara Bolingo memehami bentuk dan warna.

"Lihatlah perkembangan momen pengayaan ini dengan spesialis perawatan hewan, Rachel!" tulis keterangan video tersebut.

"Pelatihan jenis ini memungkinkan kami untuk membangun kepercayaan dan hubungan positif dengan hewan-hewan di Busch Garden Tampa Bay, terutama untuk memberi mereka lingkungan yang menstimulasi mental dan fisik," lanjutnya.

Dalam keterangannya, Hale menyebuh bahwa Bolinggo adalah satu di antara tujuh gorila di taman tersebut.

"Ketika melihat kesejahteraan menyeluruh dari hewan-hewan kami, kami menyediakan mereka lingkungan yang positif berdasarkan pilihan dimana mereka bisa sukarela berpartisipasi dalam segala hal yang kami lakukan," ujar Hale dikutip dari Newsweek, Kamis (12/04/2018).

Menurut Hale, kepribadian Bolingo yang konyol, enerjik, dan cerdas memnbuatnya tak pernah bosan berinteraksi dengan hewan ini.

"Tujuan saya setiap hari adalah menemukan cara-cara baru untuk membuatnya tetap terlibat," kata Hale.

"Ia pilih-pilih tentang apa yang menarik baginya, jadi sesi yang Anda lihat di video tersebut sebelumnya adalah ide baru setelah saya berpikir out of the box," tutupnya.

https://sains.kompas.com/read/2018/04/14/090818223/kisah-nyata-dari-florida-seekor-gorila-tirukan-tingkah-pelatihnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke