Kompas.com - 12/04/2018, 08:05 WIB
Ilustrasi gula Corinne PoleijIlustrasi gula

KOMPAS.com – Sebuah studi baru menyodorkan hasil yang mengejutkan, gen yang membuat Anda doyan makan makanan manis dikaitkan dengan lemak tubuh yang lebih rendah. Hal ini jelas berlawanan dengan persepsi kita selama ini, bahkan penelitinya pun ikut terkejut.

“Kami terkejut ketika mendapati bahwa versi dari gen yang diasosiasikan dengan memakan lebih banyak gula ternyata juga diasosiasikan dengan lemak tubuh yang lebih rendah,” kata salah satu anggota tim peneliti yang juga pakar genetika molekuler di University of Exeter, Inggris, Timothy Frayling.

Dia melanjutkan, ini berlawanan dengan persepsi bahwa memakan gula buruk untuk kesehatan. Gen ini bisa mengurangi lemak badan karena allele yang sama juga menurunkan konsumsi protein dan lemak pada pola makan.

Akan tetapi, versi A dari gen FGF21 yang dipelajari oleh para peneliti tidak sepenuhnya memiliki efek baik bagi tubuh.