Ilmuwan Temukan Antibiotik Ampuh Melawan Infeksi di Tanah

Kompas.com - 08/04/2018, 20:33 WIB
ilustrasi menggali tanah Remainsilustrasi menggali tanah

KOMPAS.com - Dalam upaya menemukan molekul bakteri yang berpotensi sebagai obat, para ahli mikrobiologi mengamati lebih dari 2.000 sampel tanah yang didapat dari tanah taman di New York.

Bagi para ahli mikrobiologi, tanah adalah lingkungan yang sangat kaya karena menyimpan beragam mikroorganisme. Di dalam satu gram tanah terdapat ribuan spesies bakteri.

Namun, sebagian besar bakteri tidak dapat beradaptasi dengan kultivasi atau pembiakan mikroba secara in vitro di laboratorium.

Untuk memecahkan masalah tersebut, kepala Laboratory of Genetically Encoded Small Molecules di Rockefeller University, Sean F. Brady bersama timnya membuat teknik untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya senyawa obat dari DNA mikroba di tanah.