Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Masa Depan, Kertas Kita Akan Terbuat dari Kotoran Hewan

Kompas.com - 02/04/2018, 18:07 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Sumber New Atlas

KOMPAS.com - Kambing-kambing yang asyik mengunyah rumput kering di Pulau Kreta rupanya memberikan ide bagi Prof Alexander Bismarck. Peneliti dari Universitas Wina ini lantas berpikir untuk membuat kertas berbahan kotoran hewan.

Menurut Prof Bismarck, selulosa sebagai bahan penyusun kertas selama ini diambil dari pohon. Padahal, seperti yang kita tahu, kondisi hutan semakin menipis.

Oleh karena itu, dia dan rekan-rekannya tergerak untuk bereksperimen membuat kertas dari kotoran hewan.

Kotoran hewan diketahui juga mengandung selulosa. Bahkan, hampir 40 persen zat yang tersusun di dalam feses hewan tertentu merupakan selulosa.

Baca juga : Jejak Kotoran Ungkap Keberadaan Koloni Super Berisi 1,5 Juta Penguin

“Hewan memakan biomassa kelas rendah yang mengandung selulosa. Lalu dikunyah dan bercampur dengan enzim dan asam di perut. Lalu keluarlah kotoran,” ujarnya dilansir dari New Atlas pada Kamis (29/3/2018).

Setelah bereksperimen dengan feses hewan kuda, sapi, dan gajah; Prof Bismarck dan kolega menemukan proses pembuatan kertas yang lebih murah dan mudah dibandingkan pembuatan kertas dari pohon.

Pertamanya, kotoran hewan dilarutkan dengan natrium hidroksida. Tujuannya untuk memisahkan lapisan lignin polimer organic. Pada tahap ini, protein dan sel mati di dalam kotoran hewan juga ikut terlepas.

Setelah jadi bubur, para peneliti membubuhi natrium hipklorit supaya warnanya berubah putih, sekaligus menanggalkan bekas lignin yang masih menempel.

Bubur yang sudah putih inilah yang kemudian dijadikan kertas.

Baca juga : Demi Bertahan di Luar Angkasa, Astronot Manfaatkan Kotoran Sendiri

Kertas dari tinja hewan diklaim sebagai produk ramah lingkungan karena memanfaatkan yang selama ini terbuang. Tak hanya itu, pembuatan kertas tidak membutuhkan banyak bahan kimia lantaran telah dibantu oleh proses pencernaan hewan.

Lignin yang tidak terpakai dalam pembuatan kertas juga tidak disia-siakan. Ia bisa diolah sebagai pupuk dan bahan bakar.

Manfaat lainnya, kertas berbahan kotoran hewan bisa dipakai untuk memperkuat komposit polimer dan menyaring air limbah sebelum menuju tempat pembuangan.

Melihat segudang manfaatnya, bukan tidak mungkin kalau kertas yang dipakai oleh generasi mendatang akan terbuat dari kotoran hewan.

Prof. Bismarck memaparkan kajiannya tersebut dalam 255th National Meeting & Exposition of the American Chemical Society, Rabu (28/3/2018).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber New Atlas
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com