Kompas.com - 06/03/2018, 07:05 WIB
Koloni penguin Adelie yang baru ditemukan di Kepulauan Danger Michael Polito, © Louisiana State UniversityKoloni penguin Adelie yang baru ditemukan di Kepulauan Danger

KOMPAS.com -- Sebuah laporan baru yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports pada Jumat (2/3/2018) mengungkapkan adanya koloni super penguin Adelie di Kepulauan Danger yang jarang dipelajari.

Penemuan koloni super ini, seperti penemuan hebat lainnya, berawal dari guano atau kotoran.

Ketika mengamati foto satelit Kepulauan Danger, para peneliti di Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) menyadari banyaknya bekas guano di bebatuan pulau tersebut. Hal ini mengindikasikan adanya populasi penguin yang luar biasa besar.

Para peneliti kemudian memimpin sebuah ekspedisi pada tahun 2015 menuju Kepulauan Danger dan membuktikan dugaan mereka. Berdasarkan perhitungan peneliti, ada sekitar 1,5 juta penguin yang membangun sarang di pulau tersebut.

Baca juga : Ini yang Tidak Kita Tahu Soal Kesetiaan Penguin Kaisar Jantan

Dengan jumlah tersebut, koloni super ini menjadi salah satu koloni penguin Adelie terbesar di dunia, sekaligus membantah anggapan bahwa jumlah penguin telah menyusut jauh selama 40 tahun terakhir.

Salah satu penulis, Stephanie Jenouvrier yang juga pakar ekologi burung laut di WHOI, mengatakan, populasi Adelie di timur semenanjung Antartika berbeda dengan yang kita lihat di barat. Apakah ini ada hubungannya dengan kondisi es laut di sana? Atau makanan? Itu adalah sesuatu yang belum kita ketahui.

Walaupun masih dipenuhi tanda tanya, ada satu hal yang pasti: wilayah ini harus dilindungi dari aktivitas manusia. Sejauh ini, proposal untuk memasukkan Kepulauan Danger sebagai wilayah kelautan yang dilindungi sedang dipertimbangkan oleh Komisi Internasional untuk Konservasi Sumber Daya Hidup Kelautan Antartika.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.