Kompas.com - 29/03/2018, 20:33 WIB

KOMPAS.com - Makan adalah sebuah kegiatan wajib bagi manusia. Karenanya, alat makan pun merupakan benda yang mudah kita temui.

Salah satu alat makan yang cukup sering dibutuhkan adalah sendok. Benda ini merupakan alat untuk mengambil dan menyuapkan makanan ke dalam mulut.

Sendok juga adalah salah satu penemuan yang mengubah wajah dunia. Jika dulunya orang makan menggunakan tangan secara langsung, kini orang menggunakan alat.

Sendok membuat tangan kita tidak kotor karena bersentuhan langsung dengan makanan. Ini sering dianggap sebagai salah satu cara yang lebih bersih dan higienis untuk menyantap makanan.

Baca juga: Ditemukan Sendok Elektrik yang Membuat Makanan Sehat Terasa Lebih Enak

Namun, tahukah Anda bagaimana sendok berkembang hingga saat ini?

Zaman Pra Sejarah

Dirangkum dari laporan Gizmodo pada 2013, sendok merupakan alat makan tertua di dunia. Menurut sejarahnya, sendok telah digunakan sejak zaman Paleolitik atau sekitar 50.000 hingga 100.000 tahun lalu.

Bukti paling awal penggunaan sendok ini ditemukan para arkeolog. Selain itu, banyak teks kuno yang menceritakan penggunaan sendok.

Menurut berbagai literatur kuno, penggunaan sendok dimulai dari Mesir ke india hingga China.

Mulanya, sendok dibuat menggunakan benda alami seperti cangkang kerang laut atau batu yang mudah dibentuk. Sendok alami ini belum punya pegangan seperti sendok modern sekarang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.