Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/02/2018, 20:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Di era milenial ini, kita tak asing lagi dengan internet. Bahkan bisa dibilang, saat ini berbagai hal dapat dengan mudah dilakukan dari jarak jauh karena adanya internet.

Kita bisa dengan mudah mengakses segala informasi, berbelanja, dan melakukan berbagai aktivitas dengan teknologi yang satu ini. Dengan kata lain, internet membuat semua hal menjadi lebih mudah.

Namun, pernahkah Anda bertanya bagaimana ide awal dari internet?

Kebanyakan orang tentu sudah tahu bahwa internet bermula dari ARPANET yang diusulkan oleh Leonard Kleinrock. Pada 1961, Kleinrock menulis tentang ARPANET dalam makalahnya yang berjudul Information Flow in Large Communication Nets.

Namun sebenarnya, ide tentang internet sudah ada sejak lama. Laporan Forbes pada 2015 menulis bahwa ada tiga tema tentang sejarah internet, yaitu sentralisasi pengetahuan dan sumber daya, pengorganisasiannya, dan terakhir konsumsi dua arah.

Baca juga: Kecanduan Internet Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Dalam tahap pertama, ide srupa internet sudah ada sejak 1728. Saat itu, Ephraim Chambers, seorang pembuat globe di London membuat Cyclopedia atau Universal Dictionary of Arts and Science.

Ide Chambers adalah menyatukan semua pengetahuan manusia pada satu hal atau benda saja. Selain itu, Chambers juga menjelaskan tentang ide sistem referensi silang yang sering kita gunakan saat ini.

Tak hanya itu, ide serupa juga dilontarkan oleh ahli bibliografi Belgia bernama Paul Otlet dan Henri La Fontaine. Mereka mengusulkan "gudang" penyimpanan pengetahuan dunia pada 1910.

Pada 1936, H.G. Wells memprediksi adanya "otak dunia". Dia menjelaskan bahwa itu adalah seluruh ingatan manusia yang bisa dan dalam waktu singkat dapat diakses oleh setiap individu.

Sekilas ide-ide tersebut mirip dengan apa yang bisa kita dapatkan di internet sekarang, bukan? Tapi sejarah internet tak berhenti di situ.

Pada februari 1951 atau tepat 67 tahun lalu, komputer komersil pertama dibuat di Manchester University. Komputer ini dibuat oleh Mary Lee Berners-Lee.

Lalu pada 1960, J.C.R Licklider mengungkapkan idenya tetang simbiosis manusia dan komputer.

"Sebuah jaringan komputer, yang terhubung satu sama lain melalui jalur komunikasi wide-band yang menyediakan fungsi mirip perpusatakaan saat ini bersama dengan antisipasi kelanjutan dalam penyimpanan informasi dan pengambilan serta fungsi simbiosis lainnya," kata Licklider.

Barulah pada 1961, Kleinrock menulis makalah yang sebelumnya disebutkan. Setahun setelahnya, Kleinrock mengusulkan sebuah teori matematika yang kemudian disebut dengan jaringan packet-switched.

Baca juga: Internet Tidak Bisa Menggantikan Diagnosis Dokter

Pada 1962, saat Licklider bekerja untuk Kantor Teknik Pengolahan Informasi (IPTO) di Departemen Pertahanan AS, ia diserahi jabatan direktur untuk Advanced Research Projects Agency (ARPA). ARPA adalah perusahaan yang nantinya menaungi ARPANET.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com