Kompas.com - 24/03/2018, 20:33 WIB
Gajah di India Merokok Gajah di India Merokok

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan seekor gajah yang merokok? Jika tidak, mungkin Anda harus menyaksikan tingkah seekor gajah di India.

Ya, seekor gajah di India tertangkap kamera "merokok". Tentu tidak dengan tembakau, melainkan potongan arang kayu.

Dalam video berdurasi 57 detik tersbeut, terlihat seekor gajah mengangkat sesuatu dari tenah di hutan dan memasukkan ke arah mulutnya. Sesaat setelah memasukkan benda tersebut, sang gajah menyemburkan asap seperti orang merokok.

Video yang diunggah oleh Wildlife Conservation Society (WCS) India itu meninggalkan tanda tanya, benarkah gajah tersebut "merokok"?

Baca juga: Teliti Plak Gigi, Ahli Ungkap Kebiasaan Merokok Manusia Purba

"Saya percaya gajah itu mungkin mencoba menelan arang kayu," ungkap Varun Goswami, ilmuwan WCS India dikutip dari Live Science, Jumat (23/03/2018).

"Tampaknya ia mengambil potongan (arang kayu) dari tanah), meniupkan asap yang menyertainya, dan memakan sisanya," sambung ahli biologi gajah tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penampakan gajah "merokok" ini ditemukan Gosmawi dan timnya saat berada di Taman Nasional Nagarahole. Ketika itu, mereka sedang memeriksa kamera tersembunyi yang mereka pasang untuk mempelajari harimau India dan mangsanya.

Mereka juga menyebut bahwa gajah tersebut berdiri di dekat lokasi kebakaran hutan.

"Di India, Departemen Kehutanan membakar jalur kebakaran hutan untuk memadamkannya," ujar Vinay Kumar, asisten direktur WCS India.

"Dan upaya ini meninggalkan arang kayu di wilayah hutan," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.