Gelembung "Ajaib" LIPI Bersihkan Sungai Jakarta dari Polusi

Kompas.com - 23/03/2018, 18:05 WIB
Tim Peneliti dari LIPI sedang menyusun paten teknologi nanobubble Tim Peneliti NanobubbleTim Peneliti dari LIPI sedang menyusun paten teknologi nanobubble

KOMPAS.com - Ilmuwan LIPI menawarkan dua konsep teknologi yang diyakini mampu mengatasi pencemaran air di Jakarta. Salah satunya adalah teknologi Nanobubble.

Dalam jumpa pers pada hari Kamis (22/3/2018), Anto Tri Sugiarto, Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi (BPI) LIPI, menjelaskan bahwa kondisi pencemaran di Jakarta sudah berbahaya dan harus segera diatasi.

Untuk itu, LIPI pun merancang dua konsep teknologi. Pertama adalah integrated floating wetland yang fokus terhadap pemulihan danau dan sungai, sedangkan yang kedua adalah Nanobubble atau teknologi gelembung berukuran nanometer.

Teknologi Nanobubble adalah teknologi yang memanfaatkan gelembung nanometer untuk mengurai senyawa polutan berbahaya di dalam air limbah menjadi lebih aman dan tidak mencemari air sungai.

Baca Juga: Limbah Pabrik Ancam Ekosistem Sungai Bengawan Solo, Ini Kata Ahli

Dikarenakan ukurannya yang nanometer, gelembung ini mampu berada dalam air lebih lama dibandingkan gelembung ukuran mikro atau makro meter.

"Teknologi gelembung dalam ukuran nanometer ini kita kombinasikan dengan penemuan LIPI lainnya, yaitu Ozone Generator. Gas ozon yang dihasilkan kami injeksikan ke dalam air dalam bentuk Nanobubble. Ozon Nanobubble inilah yang mengurai senyawa polutan di air limbah," kata Anton, kepada Kompas.com, Kamis (22/3/2018).

Anto pun meyakini bahwa kedua konsep penanggulangan pencemaran air, integrated floating wetland dan Nanobubble, ini akan berhasil apabila didukung pemerintah dan masyarakat. 

"100 persen kami yakin, asalkan pemerintah sebagai regulator dan masyarakat mendukung penuh," katanya.

Baca Juga: Botol Minum Ini Mampu Ubah Air Sungai Jadi Layak Konsumsi

Berikut adalah video uji coba Nanobubble:

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X