Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gelembung "Ajaib" LIPI Bersihkan Sungai Jakarta dari Polusi

KOMPAS.com - Ilmuwan LIPI menawarkan dua konsep teknologi yang diyakini mampu mengatasi pencemaran air di Jakarta. Salah satunya adalah teknologi Nanobubble.

Dalam jumpa pers pada hari Kamis (22/3/2018), Anto Tri Sugiarto, Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi (BPI) LIPI, menjelaskan bahwa kondisi pencemaran di Jakarta sudah berbahaya dan harus segera diatasi.

Untuk itu, LIPI pun merancang dua konsep teknologi. Pertama adalah integrated floating wetland yang fokus terhadap pemulihan danau dan sungai, sedangkan yang kedua adalah Nanobubble atau teknologi gelembung berukuran nanometer.

Teknologi Nanobubble adalah teknologi yang memanfaatkan gelembung nanometer untuk mengurai senyawa polutan berbahaya di dalam air limbah menjadi lebih aman dan tidak mencemari air sungai.

Dikarenakan ukurannya yang nanometer, gelembung ini mampu berada dalam air lebih lama dibandingkan gelembung ukuran mikro atau makro meter.

"Teknologi gelembung dalam ukuran nanometer ini kita kombinasikan dengan penemuan LIPI lainnya, yaitu Ozone Generator. Gas ozon yang dihasilkan kami injeksikan ke dalam air dalam bentuk Nanobubble. Ozon Nanobubble inilah yang mengurai senyawa polutan di air limbah," kata Anton, kepada Kompas.com, Kamis (22/3/2018).

Anto pun meyakini bahwa kedua konsep penanggulangan pencemaran air, integrated floating wetland dan Nanobubble, ini akan berhasil apabila didukung pemerintah dan masyarakat. 

"100 persen kami yakin, asalkan pemerintah sebagai regulator dan masyarakat mendukung penuh," katanya.

Berikut adalah video uji coba Nanobubble:

https://sains.kompas.com/read/2018/03/23/180500123/gelembung-ajaib-lipi-bersihkan-sungai-jakarta-dari-polusi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke