3 Prediksi Stephen Hawking tentang Nasib Manusia dan Bumi

Kompas.com - 14/03/2018, 15:22 WIB
Stephen Hawkingchemtrailsplanet Stephen Hawking

KOMPAS.com — Semasa hidupnya, Stephen Hawking yang meninggal pada 14 Maret 2018 pernah mengungkapkan beberapa prediksi tentang nasib manusia dan bumi yang kontroversial.

Berikut adalah tiga di antaranya:

1.  Bersaing dengan kecerdasan buatan

Pada saat ini, kita sudah mulai mengkhawatirkan mengenai persaingan antara kecerdasan buatan dan manusia. Otomatisasi oleh robot saja telah menggusur posisi manusia di beberapa ruang kerja.

Hawking pun punya kekhawatiran yang sama, tetapi lebih jauh dari sekadar menyusutnya lapangan pekerjaan bagi manusia.

Dilansir dari Wired pada Oktober lalu, Hawking mengatakan, "Aku khawatir AI (kecerdasan buatan) akan bisa menggantikan manusia sepenuhnya. Jika manusia merancang komputer dengan virus, suatu saat nanti seseorang akan merancang AI yang bisa meningkatkan dan mereplikasi dirinya sendiri. AI ini akan menjadi bentuk kehidupan baru yang mengalahkan manusia."

Oleh karena itulah, Hawking dan para pakar AI, serta pengusaha teknologi seperti Elon Musk, menandatangani sebuah surat terbuka pada 2015 yang meminta dilaksanakannya penelitian mengenai dampak kecerdasan buatan terhadap masyarakat, termasuk pencegahan masalah dan cara mengambil manfaat kecerdasan buatan bagi manusia.

Baca juga: Stephen Hawking: AI Bisa Menghancurkan Peradaban Manusia

2. Bumi yang mendidih

Menyusul keputusan Donald Trump untuk mengeluarkan Amerika Serikat dari persetujuaan Paris tentang perubahan iklim, Hawking angkat bicara.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X