Kompas.com - 09/03/2018, 12:54 WIB


KOMPAS.com - Banyak orang memercayai bahwa olahraga dapat membantu menjaga kebugaran dan menurunkan berat badan.

Hal itu adalah fakta yang sudah dibuktikan sejumlah penelitian.

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan University of Birmingham, Inggris dan King's College London mencoba melihat seberapa banyak orang sehat yang benar-benar menjalani olahraga seumur hidup.

Hasil yang diterbitkan dalam jurnal Aging Cell, Kamis (8/3/2018), membenarkan fakta bahwa kebugaran adalah kunci untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar bisa awet muda dan sehat. Dengan catatan, olahraga disiplin dilakukan seumur hidup.

Baca juga : Musik Memotivasi Orang untuk Giat Olahraga, Apa Alasannya?

Penelitian ini melibatkan 125 orang berusia 55 sampai 79 tahun yang memiliki hobi bersepeda. Peneliti tidak melibatkan perokok, peminum alkohol, atau orang yang memiliki masalah kesehatan lainnya dalam penelitian ini.

Pesepeda pria mampu menempuh jarak 62 mil atau 99,77 kilometer dalam waktu kurang dari 6,5 jam, sementara pesepeda perempuan mampu mengayuh sepeda sejauh 37 mil atau 59,54 kilometer dalam 5,5 jam.

Peneliti kemudian memeriksa kesehatan peserta, meliputi tekanan darah, massa otot, kolesterol dan sel T yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat.

Hasil pemeriksaan tersebut lalu dibandingkan dengan data dari 75 peserta berusia 57 sampai 88 tahun dan 55 peserta berusia 20 sampai 36 tahun yang rutin melakukan olahraga setiap hari sepanjang hidupnya.

Baca juga : Selfie saat Olahraga Bikin Orang Termotivasi, Kok Bisa?

Hasilnya, olahraga seumur hidup bisa membantu untuk mempertahankan massa otot, menurunkan lemak tubuh, dan menurunkan kolesterol. Selain itu, orang yang rutin berolahraga di gym memiliki sistem kekebalan tubuh yang jauh lebih muda.

Stephen Harridge, pakar fisiologi manusia dari King's College London yang menulis laporan ini percaya bahwa peserta dari kelompok penelitian yang sama tidak akan mendapat manfaat keuntungan yang sama tanpa olahraga.

"Bagi mereka yang tidak disiplin olahraga, artinya mereka telah mengijinkan tubuhnya untuk lebih mudah menua, dan memiliki masalah kesehatan yang memburuk karena tidak aktif olahraga," ujar Harridge dilansir Newsweek, Kamis (8/3/2018).

Tunggu apa lagi, sekarang masih ada kesempatan untuk rajin berolahraga demi tubuh yang sehat dan awet muda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.