Kompas.com - 27/02/2018, 20:08 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

fakta

fakta!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini benar.

KOMPAS.com – Pada hari ini, Kompas.com melaporkan mengenai adanya pohon berambut di sekitar Pemakaman Parung Tengah RT 003 RW 003 Duren Mekar, Bojongsari, Depok.

Pohon yang disebut “Gerowak” oleh warga ini memiliki tinggi tiga meter dan ditumbuhi rambut yang panjangnya rata-rata 3 sentimeter . Berdasarkan pengamatan Kompas.com, rambut pada pohon terasa halus, meskipun ada beberapa yang seperti sapu ijuk.

Didik Widyatmoko selaku Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya LIPI melihat foto Gerowak berambut yang dikirimkan Kompas.com melalui pesan singkat pada hari ini (27/2/2018).

Dia tidak bisa memastikan kelainan tersebut, tetapi menambahkan bahwa rambut bisa disebabkan oleh Fungus atau Rhizomorphs.

Baca juga : Pohon Berambut di Pemakaman Kawasan Depok Gegerkan Warga

Menurut dia, pohon perlu diambil sampel rambutnya bersama kayu atau kulit kayunya untuk dikirimkan ke Kebun Raya Bogor. Setelah itu, rambut pada pohon bisa diteliti lebih lanjut dan diidentifikasi.

Sementara itu, peneliti botani Dr. Ary Prihardhyanto Keim, M.Sc. dari Pusat Penelitian Biologi, Bidang Botani, Taksonomi, LIPI menduga bahwa pohon tersebut adalah Walisongo atau Schefflera grandiflora yang termasuk dalam suku Araliaceae.

“Saya kerap lihat itu (rambut) pada jenis yang lain di Papua, Schefflera lucida, saat menjabat Kepala Kebun Biologi Wamena 2009-2011,” ujarnya.

Selain itu, rambut pada batang atau stem hair juga telah diamati pada tanaman hias Schefflera actinophylla.