Kompas.com - 19/02/2018, 20:34 WIB

KOMPAS.com - Ketenaran bitcoin atau mata uang digital (cryptocurrency) beberapa waktu belakangan makin meningkat. Sekilas, kegiatan "menambang" bitcoin atau mata uang digital lainnya tidak merugikan siapapun.

Kalaupun mengalami kebangkrutan, yang merasa rugi adalah diri sendiri. Tapi ternyata anggapan tersebut tak sepenuhnya benar.

Dilansir dari The Verge, Jumat (16/02/2018), Aaron Parsons yang sedang dalam pencarian menemukan bintang pertama yang terbentuk di alam semesta sekitar 13 miliar tahun lalu menyebut hal tersebut mengalanginya.

Parsons menyebut, penembangan bitcoin menghalangi pencarian kosmik primordialnya.

Baca juga: Rocket Lab Kirim Bola Disko ke Luar Angkasa, Astronom Mengamuk

Tapi apa yang jadi penyebab penambangan mata uang digital menghalangi pencarian bintang ya?

Ternyata hal tersebut berkaitan dengan kartu grafis. Popularitas penambangan mata uang kripto ini menghabiskan kartu grafis di pasaran.

Hal tersebut membuat harga pemrosesan grafis yang disebut GPU makin tajam. GPU sendiri adalah chip super kuat yang dapat memproses data dalam jumlah besar.

Tanpa GPU, para astronom seperti Parsons tidak dapat melakukan pekerjaan mereka.

Parsons sendiri berkerja menggunakan teleskop radio di University of California (UC), Berkeley. Teleskop tersebut terbuat dari ratusan antena yang mengambil emisi radio yang menyerap kosmos.

Semua data tersebut perlu diproses secara real time oleh sebuah super-komputer untuk membuat peta langit. Peta langit inilah yang membantu Parsons menemukan bintang paling awal.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC,The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.