Kompas.com - 19/02/2018, 18:36 WIB
Milky Way atau Galaksi Bima Sakti Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.comMilky Way atau Galaksi Bima Sakti

KOMPAS.com - Studi terbaru mengungkap bahwa ukuran galaksi Andromeda tidak lebih besar dari Milky Way atau Bimasakti.

Bimasakti dan Andromeda adalah dua galaksi spiral raksasa yang berjarak sekitar dua juta tahun cahaya. Andromeda begitu dekat dengan kita di bumi, sehingga merupakan satu dari hanya 10 galaksi yang bisa dilihat dengan mata telanjang

Para ilmuwan sebelumnya mempercayai bahwa ukuran Andromeda tiga kali lebih besar dari Bimasakti dan percaya bahwa suatu saat nanti Andromeda akan menguasai Bimasakti.

Namun, kedua hal tersebut tidak dibenarkan dalam studi terbaru. Menurut ilmuwan, penelitian sebelumnya hanya melebih-lebihkan jumlah materi gelap di galaksi Andromeda.