Kanker Paru-paru di Asia Sulit Dijinakkan, Ahli Temukan Sebabnya

Kompas.com - 15/02/2018, 11:52 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ilmuwan dari A*STAR's Genome Institute of Singapore (GIS) dan ahli tumor dari National Cancer Centre Singapore (NCCS), menemukan bahwa tumor pada pasien paru-paru di wilayah Asia memiliki variasi genetik yang tinggi.

Hal ini membuat peneliti menyadari alasan mengapa tumor mengalami resistensi meskipun sudah diberi obat untuk mengambat perkembangan tumor.

Studi yang terbit di Nature Communications ini menyarankan para ahli dan tim medis untuk memberikan perawatan dengan pendekatan lebih khusus dan detail terhadap kanker paru non sel kecil atau NSCLC.

Baca Juga: Kanker Paru-paru Bisa Menyerang Anak, Orangtua Perlu Introspeksi

Salah satu karakter penyakit kanker paru-paru pada orang Asia adalah adanya mutasi gen EGFR3, atau reseptor faktor pertumbuhan epidermal.

Gen ini juga dikenal sebagai gen penangkal tumor yang memiliki kemampuan mengatur dan mengendalikan siklus sebuah sel.

Menurut penelitian, mutasi pada gen ini ternyata terjadi pada hampir 50 persen pasien kanker paru-paru di Singapura. Obat yang diharapkan mengendalikan pertumbuhan kanker, ternyata efeknya tidak bertahan lama. Pasien kambuh lagi dalam hitungan bulan dan mengalami resistensi obat.

"Studi tentang kompleksitas genetik tumor pada pasien Asia telah memberi kita wawasan baru mengapa mereka cepat mengembangkan resistansi setelah pemberian anti-EGFR. Kami juga menemukan bahwa tumor dengan tingkat mutasi yang tinggi akan lebih resisten terhadap obat," kata Dr. Axel Hillmer, Principal Investigator di GIS dan tergabung dalam penelitian ini.