Kompas.com - 12/02/2018, 20:15 WIB
ilustrasi gunung berapi bbc.comilustrasi gunung berapi

KOMPAS.com - Salah satu dampak letusan gunung berapi yang mematikan dalam sejarah adalah letusan Gunung Purba Toba. Penelitian-penelitian menganalisis bahwa letusan yang terjadi 74.000 tahun yang lalu itu berimbas ke seantero planet.

Letusan menyebarkan abu yang menimbulkan partikel asam belerang serta mendinginkan samudera. Efeknya terjadi kegelapan total selama 6 tahun serta penuruan suhu selama ribuan tahun. Vulkanolog menyebut peristiwa ini nyaris memusnahkan kehidupan di Bumi.

Berdasarkan hipotesis, salah satu wilayah yang terdampak adalah Afrika Timur, di mana area tersebut ikut merasakan musim dingin vulkanik berkepanjangan atau musim dingin yang terjadi akibat letusan gunung berapi serta menyebabkan turunnya populasi secara drastis.

Tapi Peneliti Univeristas Arizona punya pendapat lain soal ini. Letusan gunung berapi Toba ternyata tidak menimbulkan dampak ekstrem di seluruh belahan dunia seperti perkiraan para peneliti sebelumnya.