Penemuan yang Mengubah Dunia: Internet

Kompas.com - 08/02/2018, 20:33 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Di era milenial ini, kita tak asing lagi dengan internet. Bahkan bisa dibilang, saat ini berbagai hal dapat dengan mudah dilakukan dari jarak jauh karena adanya internet.

Kita bisa dengan mudah mengakses segala informasi, berbelanja, dan melakukan berbagai aktivitas dengan teknologi yang satu ini. Dengan kata lain, internet membuat semua hal menjadi lebih mudah.

Namun, pernahkah Anda bertanya bagaimana ide awal dari internet?

Kebanyakan orang tentu sudah tahu bahwa internet bermula dari ARPANET yang diusulkan oleh Leonard Kleinrock. Pada 1961, Kleinrock menulis tentang ARPANET dalam makalahnya yang berjudul Information Flow in Large Communication Nets.

Namun sebenarnya, ide tentang internet sudah ada sejak lama. Laporan Forbes pada 2015 menulis bahwa ada tiga tema tentang sejarah internet, yaitu sentralisasi pengetahuan dan sumber daya, pengorganisasiannya, dan terakhir konsumsi dua arah.

Baca juga: Kecanduan Internet Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Dalam tahap pertama, ide srupa internet sudah ada sejak 1728. Saat itu, Ephraim Chambers, seorang pembuat globe di London membuat Cyclopedia atau Universal Dictionary of Arts and Science.

Ide Chambers adalah menyatukan semua pengetahuan manusia pada satu hal atau benda saja. Selain itu, Chambers juga menjelaskan tentang ide sistem referensi silang yang sering kita gunakan saat ini.

Tak hanya itu, ide serupa juga dilontarkan oleh ahli bibliografi Belgia bernama Paul Otlet dan Henri La Fontaine. Mereka mengusulkan "gudang" penyimpanan pengetahuan dunia pada 1910.

Pada 1936, H.G. Wells memprediksi adanya "otak dunia". Dia menjelaskan bahwa itu adalah seluruh ingatan manusia yang bisa dan dalam waktu singkat dapat diakses oleh setiap individu.

Sekilas ide-ide tersebut mirip dengan apa yang bisa kita dapatkan di internet sekarang, bukan? Tapi sejarah internet tak berhenti di situ.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X