Kompas.com - 05/02/2018, 20:09 WIB
Ular yang ditarik keluar dari jamban toilet videoUlar yang ditarik keluar dari jamban toilet
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com -- Anda mungkin pernah melihat, baik melalui video atau secara langsung, seekor ular keluar dari toilet. Baru-baru ini, sebuah video yang menurut klaimnya direkam di Changi Beach Playground, Singapura, menunjukkan seekor ular ditarik keluar dari sebuah jamban dan dipindahkan ke bak mandi.

Video tersebut juga kerap disertai anjuran untuk selalu menyiram jamban dahulu sebelum menggunakan.

Menanggapi video tersebut, herpetolog Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Amir Hamidy berkata bahwa ular masuk ke dalam toilet adalah perilaku yang wajar.

“Itu insting ular mencari tempat yang cocok untuk bersembunyi atau tinggal sementara, walaupun sebenarnya bau urin kita juga tidak disukai ular,” ujarnya kepada Kompas.com, Senin (5/2/2018) melalui pesan singkat.

Baca juga : Akhir Mengenaskan dari Pertarungan Ular King Kobra dan Piton Raksasa

Pasalnya, toilet kita memiliki kondisi lembap yang menyerupai habitat ular. Jamban sendiri, kata Amir, disukai ular karena bisa menjadi tempat persembunyian, seperti lubang atau celah pada batu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika Anda bertanya apakah ular bisa masuk ke rumah melalui pipa toilet, maka jawabannya sayang sekali “Iya”.

Tergantung dari ukuran dan ada tidaknya air dalam pipa, Amir berkata bahwa ular memang senang melewati lubang seperti pipa, selama pipa tersebut menyediakan udara yang cukup untuk bernapas.

Meski demikian, herpetolog ini tidak menganjurkan untuk menyiram jamban ketika menemukan ular di dalamnya.

Dia mengatakan, panggil orang profesional yang bisa menangani ular ular, (dan) tahu mana yang berbisa dan tidak. Di-flush saja, saya pikir, tidak cukup untuk membuat ular masuk ke dalam closet, (yang ada) malah jadi menyumbat closet. Dikeluarkan sajalah ularnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.