Ilmuwan Pertanyakan Temuan Radiasi Ponsel Picu Tumor

Kompas.com - 05/02/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi menelepon. Androidandme.comIlustrasi menelepon.
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com - Seberapa parah radiasi dari ponsel? Apakah bisa menyebabkan kanker?

Kira-kira pertanyaan itu terus menghantui kita selama beberapa tahun. Terlebih gawai sudah seperti kebutuhan sebagian besar manusia.

Terkait hal tersebut, Program Toksikologi Nasional Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS menerbitkan dua draft laporan pada Jumat (2/2/2018) yang justru menambah teka-teki pengaruh ponsel.

Sebab, banyak ahli juga organisasi kesehatan yang tidak sepakat dengan penelitian tersebut. Mereka menilai penelitian tersebut belum memberikan bukti yang cukup. Sebagai gantinya, para ahli memberikan penjelasannya.

Baca juga : Mengapa Ponsel Tidak Boleh Digunakan di Pesawat dan Pom Bensin?

Penelitian yang dimaksud sudah diujikan pada tikus hampir selama 10 tahun. Selama periode itu, mereka menemukan bahwa ada risiko kanker akibat radiasi ponsel.

Peneliti mengatakan, tikus jantan yang mendapat paparan radiasi ponsel yang tinggi akan memiliki tumor ganas pada jantungnya. Sayang, hal ini tidak terjadi saat diujikan pada tikus betina.

Salah satu yang mengomentari penelitian ini adalah ilmuwan senior dari National Toxicology Program, John Bucher. Ia berkata bahwa hasil penelitian itu tidak bisa diterapkan secara langsung pada manusia.

"Sebab, tikus jantan itu terkena radiasi selama sembilan jam setiap hari dalam waktu dua tahun. Paparan radiasi ini jauh lebih besar dari yang diterima manusia, meski kita sangat sering menggunakan ponsel," kata Bucher kepada New york Times, Jumat (2/2/2018).

Temuan ini tidak langsung membuatnya mengubah cara menggunakan telepon. Sebaliknya, dia mengatakan temuan ini masih belum jelas apakah hal ini juga akan muncul pada manusia. Dia mengatakan perlu lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikannya.

Administrasi Makanan dan Obat (FDA) Amerika juga mengeluarkan pernyataan bahwa pihaknya telah meninjau banyak penelitian yang berkaitan dengan keamanan ponsel.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X