Kompas.com - 30/01/2018, 11:33 WIB
Nezirovic bersama kerangka 3000 tahun Nezirovic bersama kerangka 3000 tahun
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Penemuan kerangka manusia berusia ribuan tahun mungkin bukanlah sesuatu yang baru bagi ilmu pengetahuan. Tapi kerangka yang ditemukan di Northumberland, Inggris ini cukup istimewa.

Pasalnya, kerangka berusia 3.000 tahun itu dianggap punya "senyuman sempurna" karena memiliki gigi yang lebih baik dibandingkan kebanyakan orang Inggris modern, kata seorang akademisi.

Sanita Nezirovic, dosen ilmu forensik di University of Derby, Inggris yang mempelajari kerangka itu menyebut bahwa gigi manusia zaman perunggu itu "benar-benar menakjubkan" dan mungkin tidak dimiliki oleh orang biasa.

"Giginya terlihat sangat indah, terutama untuk zaman yang Anda pikir terjadi 3.500 tahun lalu," ungkap Nezirovic dikutip dari Telegraph, Minggu (28/01/2018).

Baca juga: Berusia 3,6 Juta Tahun, Inilah Kerangka Tertua Nenek Moyang Manusia

"Dia memiliki gigi yang lebih baik dibanding kebanyakan manusia modern," imbuhnya.

Penemuan ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa manusia zaman perunggu umumnya memiliki gigi yang rusak atau berkondisi buruk. Hal ini diperkirakan karena jenis makanan mereka yang masih kasar dan kebersihan mulut yang buruk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampan

Selain punya gigi yang rapi dan bagus, kerangka yang ditemukan pada Sepetember 2017 lalu itu juga memiliki wajah tampan. Bahkan Nezirovic yang telah bekerja meneliti ratusan kerangka dari zaman perunggu hingga modern mengatakan bahwa dia sempat terkejut saat melihat aspek yang sangat simetris pada wajah kerangka tersebut.

"Bentuk kepalanya indah, dan Anda bisa melihat dari giginya dia akan memiliki senyuman sempurna," ujarnya dikutip dari BBC, Sabtu (27/01/2018).

"Dia adalah orang yang tampan," sambungnya.

Halaman:


Sumber Telegraph,BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.