Kompas.com - 29/01/2018, 18:09 WIB
Ilustrasi orang memakai masker DragonImagesIlustrasi orang memakai masker
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Kita sering melihat banyak orang menggunakan masker dalam aktivitas sehari-hari mereka. Salah satu jenis masker yang sering digunakan adalah masker bedah.

Alasan penggunaan masker ini umumnya adalah menghindari debu atau virus yang ada di udara, seperti flu. Tapi benarkah masker bedah dapat mencegah kita tertular flu?

Dilansir dari Time, Jumat (26/01/2018), Dr Sherif Mossad, spesialis penyakit menular di Klinik Cleveland, Amerika Serikat menyebut bahwa benar bahwa masker bedah dapat membantu mencegah flu.

"Flu dibawa dalam udara, sehingga masker secara mekanis akan mencegah virus flu menyerang orang lain," ungkap Mossad.

Baca juga: Cegah Difteri, Perlukah Pakai Masker dan Imunisasi Bayi Baru Lahir?

Dia juga menyebut bahwa penggunaan masker ini juga dapat mencegah Anda menulari orang lain jika Anda yang sakit. Begitu pula sebaliknya, saat berada di sekitar orang yang sakit, menggunakan masker membuat Anda terhindar dari flu.

Masker bedah merupakan benda yang dapat dengan mudah Anda temui. Anda bisa membelinya di apotek atau beberapa toko. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli masker bedah.

"Sebuah masker sekali pakai akan sangat baik, pastikan catatan pada kemasan yang dapat melindungi dari partikel udara," ujar Dr Susan Besser, dokter keluarga di Overlea, Baltimore, Maryland, A.S.

"(Masker) sekali pakai adalah yang terbaik dan Anda harus membuang masker setelah menggunakannya setiap sekali pakai," imbuh Besser.

"Jika masker basah - maka masker akan menyerap air - sehingga efektivitas efek perlindungannya akan berkurang," kata Besser lagi.

Meski disebut mampu mencegah flu, kita perlu menyadari bahwa masker tidak 100 persen efektif dan perlu strategi lainnya untuk terhindar dari penyakit tersebut. Besser menyebut, saat kita terkena flu, cara utama agar tidak menularkannya pada orang lain adalah tinggal di rumah hingga sembuh.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Time

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.