Kompas.com - 21/01/2018, 16:08 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Sekali lagi, hasil reka ulang fosil wajah peremuan berusia remaja dari zaman purba berhasil dilakukan oleh peneliti dan hasilnya tidak kalah mengagumkan.

Diberi nama Avgi, remaja tersebut hidup di Yunani sekitar 7.000 tahun sebelum Masehi atau di akhir era Mesolitikum. Para peneliti dari Universitas Athens, Yunani, memperkirakan bahwa Avgi hidup di masa peralihan periode masyarakat berburu dan meramu ke periode masyarakat bercocok tanam.

Ini menjadi alasan peneliti memberinya nama Avgi yang berarti subij.

Arkeolog memang tidak tahu banyak tentang kehidupan Avgi dan bagaimana dia meninggal, tetapi para peneliti berhasil mengungkap bentuk tulang pipi wanita purba ini yang menonjol, alisnya yang tebal, dan dagunya yang berlesung pipit.

Sebelumnya, para peneliti juga berhasil merekonstruksi wajah gadis Athena berusia 11 tahun bernama Myrtis yang tinggal sekitar 430 SM. Para peneliti tahu Myrtis meninggal karena tifoid.

Wajah Avgi dipamerkan di sebuah acara di Museum Acropolis Museum pada hari Jumat lalu.