Kompas.com - 03/01/2018, 21:02 WIB
Ilustrasi shutterstockIlustrasi
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com -- Saat ini kita sering melihat banyak iklan air putih yang menyebut produk miliknya sebagai yang paling murni. Kalau pun disuling, para produsen air kemasan mengklaim bisa mensterilkan air dari kandungan zat yang berbahaya.

Nyatanya, tidak ada air yang benar-benar murni menurut sains. May Nyman, seorang peneliti dari Oregon State University, bahkan menyebut bahwa air murni tidak akan mungkin ada di bumi.

Dia menjelaskan bahwa molekul air memiliki dua inti atom, hidrogen dan oksigen. Masing-masing inti atom memiliki muatan elektronik yang berbeda.

Selain saling melekat dengan inti atom yang sama, ikatan hidrogen di air juga bisa larut dengan molekul yang mendekati mereka. Semakin murni airnya, semakin kuat juga kemampuan ikatan hidrogen untuk melarutkan.

Untuk itu, sangat sulit bagi kita untuk menghasilkan air murni. Sebab, pada tahapan tertentu, air akan mulai melarutkan ion yang ada disekitarnya, seperti ion yang menempel di dinding wadahnya.