Kompas.com - 29/12/2017, 18:01 WIB
Bali mendeklarasikan darurat sampah pada November 2017 Bali mendeklarasikan darurat sampah pada November 2017
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Permasalahan sampah di Indonesia saat ini makin mengkhawatirkan. Kali ini Bali mendeklarasikan "darurat sampah".

Sebelumnya, pantai Kuta merupakan salah satu destinasi favorit para peselancar dunia. Namun kini, banyak yang mengeluhkan permasalahan sampah di pantai ini.

Sampah sedotan plastik dan kemasan makanan bertebaran di pantai tersebut, di antara para turis yang berjemur. Tak hanya itu, para peselancar juga harus mengindari sampah yang datang dari sngai atau terbawa arus yang berputar-putar.

"Ketika saya ingin berenang, itu tidak terlalu bagus, sauya melihat banyak sampah di sini setiap hari, setiap saat," ungkap Vanessa Moonshine, seorang turis Austria dikutip dari AFP, Kamis (28/12/2017).

Baca juga: Makin Mengerikan, Tiap Tahun 1.000 Penyu Mati akibat Sampah Plastik

"Itu selalu datang dari laut, sangat mengerikan," imbuhnya.

Bali sendiri sebenarnya sejak dulu dijuluki sebagai surga di bumi karena keindahan alamnya. Tapi permasalahan sampah ini mungkin membuat kita harus memikirkan ulang julukan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam permasalahan sampah di laut, Indonesia barada di urutan kedua setelah China sebagai penyumbang terbesar puing-puing laut. Sekitar 1,29 juta metrik ton sampah dihasilkan oleh Indonesia setiap tahunnya.

Masalah sampah ini berkembang terus hingga memburuk. Akhirnya, para pejabat Bali pada November 2017 lalu, mendeklarasikan "darurat sampah" di sepanjang 6 kilometer yang mencakup pantai Jimbaran, Kuta, dan Seminyak.

Pemerintah setempat telah mengerahkan 700 petugas kebersihan dan 35 truk untuk membuang 100 ton sampah setiap harinya ke tempat pembuangan sampah terdekat.

"Orang-orang dengan seragam hijau mengumpulkan sampah untuk memindahkannya tapi keesokan harinya, saya melihat situasi yang sama," ujar Claus Dignas, seorang turis dari Jerman yang mengaku melihat lebih banyak sampah setiap kali ke Bali.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber AFP

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.