Kompas.com - 27/12/2017, 17:00 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Sebuah pandangan umum menyebut mengonsumsi vitamin D dan suplemen kalsium bisa membantu oarang tua untuk tidak mematahkan tulangnya. Tapi baru-baru ini sebuah penelitian menyebutkan kebalikan dari pandangan ini.

Para peneliti memeriksa kembali data dari 33 percobaan sebelumnya dengan total lebih dari 51.000 orang berusia 50 tahun atau lebih yang tinggal di masyarakat dan bukan di panti jompo atau institusi lainnya.

Dari data tersebut, mereka tidak menemukan perbedaan risiko patah tulang di antara orang yang mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D dengan yang tidak mengonsumsi.

"Sudah waktunya untuk berhenti mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D untuk orang tua yang tinggal di masyarakat," ungkap Dr Jia-Guo Zhao, penulis utama penelitian ini dikutip dari Channel News Asia, Rabu (27/12/2017).

Baca juga: Rentan Patah Tulang gara-gara Hobi Mengisap Ganja

Sebenarnya, vitamin D dapat membantu tubuh menggunakan kalsium untuk mendukung kesehatan tulang. Karenanya, banyak orang tua yang disarankan mengonsumsi satu atau kedua suplemen ini.

Umumnya, asupan vitamin D harian yang disarankan untuk kebanyakan orang tua adalah 600 IU (international units). Tapi setelah berusia 70 tahun biasanya dosisnya ditambah menjadi 800 IU.

"Panduannya harus diubah," kata Zhao yang juga merupakan peneliti di departemen bedah ortopedi di Rumah Sakit Tianjin, China.

"Kami berpikir bahwa memperbaiki gaya hidup, berolahraga cukup dan cukup sinar matahari, dan menyesuaikan diet mungkin lebih penting daripada mengonsumsi suplemen ini," imbuhnya.

Para peneliti juga menggarisbawahi bahwa orang bisa mendapatkan cukup vitamin D dengan menghabiskan waktu di luar ruangan. Selain itu, orang tua juga bisa menurunkan risiko patah tulang dengan mempertahankan berat badan yang sehat atau melakukan latihan yang dirancang untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

Jika seseorang mengonsumsi vitamin D dengan dosis 1.000 IU atau lebih, mereka justru berisiko terkena efek samping yang serius. Apalagi jika mereka mengonsumsi vitamin D bersamaan dengan suplemen kalsium sebagai kombinasinya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.