Kompas.com - 25/12/2017, 22:00 WIB
kartu natal terkecil kartu natal terkecil
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Natal sering kali diidentikkan dengan kartu ucapan dan perayaan. Tapi bagaimana jika Anda mendapat kartu Natal terkecil di dunia?

Inilah yang dibuat oleh para ilmuwan Inggris. Mereka mengklaim telah menciptakan kartu Natal terkecil di dunia, sebuah ucapan musiman yang sangat kecil hingga lebih dari 200 juta benda ini dapat masuk dalam sebuah perangko standar.

Kartu ucapan terkecil ini dibuat oleh National Physical Laboratory (NPL), sebuah laboratorium pengukuran standar nasional Inggris. Ukuran kartu ini adalah 15 x 20 mikrometer.

Sebagai gambaran, satu mikrometer adalah sepersejuta meter.

Tak hanya dari ukurannya, kartu ini juga unik dari bahan yang digunakan yaitu silikon nitrida (bahan yang digunakan dalam keramik) berlapis platina. Selain itu, benda ini diilustrasikan menggunakan sinar ion terfokus.

Baca juga: Para Astronot Habiskan Malam Natal Menonton Star Wars: The Last Jedi

Penutup kartu ini menampilkan sketsa manusia salju di atas kalimat "seasons greetings". Di dalamnya juga terdapat pesan Natal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu pembuat kartu tersebut, Dr David Cox dari NPL, yang menciptakannya bersama rekannya Dr Kin Mingard. Cox mengatakan bahwa teknologi yang digunakan dalam pembuatannya memiliki kegunaan yang lebih praktis.

"Kami menggunakan alat yang menciptakan kartu untuk mengukur ketebalan fitur sangat kecil secara akurat dalam bahan, membantu membuka teknologi baterai dan semikonduktor baru. Ini adalah perkembangan yang benar-benar menggairahkan," ungkap Cox dikutip dari Reuters, Senin (18/12/2017).

NPL mengatakan bahwa kartu Natal terkecil sebelumnya berukuran 200 x 209 mikrometer. Mereka kemudian membuat kartu baru berukuran 100 kali lebih kecil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.