Kompas.com - 21/12/2017, 21:34 WIB
Hiu lentera beludru (Etmopterus spinax) hidup dalam kegelapan samudera yang dalam. Dia dapat memancarkan cahaya dari kegelapan. Peneliti meneliti hiu lentera ini untuk mengetahui fungsi cahaya pada hiu lentera. Hiu lentera beludru (Etmopterus spinax) hidup dalam kegelapan samudera yang dalam. Dia dapat memancarkan cahaya dari kegelapan. Peneliti meneliti hiu lentera ini untuk mengetahui fungsi cahaya pada hiu lentera.

KOMPAS.com -- Adanya hiu lentera (Etmopteridae) yang dapat memancarkan cahaya memang sudah diketahui sejak lama. Namun, tahukah Anda mengapa mereka bercahaya?

Pada bulan Juli tahun ini, spesies hiu lentera baru yang diberi nama Etmopterus lailae ditemukan di bawah laut Kepulauan Hawaii Barat Laut.

E lailae merupakan spesies baru yang dibuktikan dengan pengukuran eksternal, gigi, tulang belakang, dan usus. Ditemukannya hiu lentera di Hawaii ini menambah daftar spesies hiu lentera menjadi 38.

Sejak penemuannya itu, para peneliti mulai menduga-duga manfaat cahaya yang dikeluarkan dari dalam tubuh hiu.

Namun kini, para peneliti sudah yakin bahwa cahaya itu memang untuk pancingan mencari mangsa, kamuflase untuk menghindari predator, dan menarik perhatian pasangan untuk melakukan perkawinan.