Kompas.com - 20/12/2017, 19:00 WIB
Pertama kali dalam sejarah, SpaceX meluncurkan daur ulang Pertama kali dalam sejarah, SpaceX meluncurkan daur ulang
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com — Selama ini kita tahu bahwa roket yang diluncurkan Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) adalah roket sekali jalan. Namun, kali ini SpaceX membuat terobosan baru.

Perusahaan transportasi luar angkasa ini berhasil mendaur ulang roket dengan kapsul daur ulang untuk NASA.

Roket Falcon tak berawak tersebut meluncur untuk pengiriman Natal ke stasiun ruang angkasa ISS. Diperkirakan Falcon akan sampai di ISS pada waktu Natal.

Roket ini terbang lagi setelah mengalami perubahan selama enam bulan. Selain itu, di atas roket ini ada kapal luar angkasa Dragon, yang juga terbang untuk kedua kalinya.

Ini adalah pertama kalinya NASA menggunakan kembali roket Falcon dan hanya kedua dari penggunaan kapal antariksa Dragon.

Baca juga: Elon Musk Ungkap Pakaian Astronot Masa Depan Milik SpaceX

Setelah 10 menit lepas landas, pendorong tahap pertama roket ini kembali ke Stasiun Angkatan Udara Cape Caneveral. Di situlah ia mendarat kembali pada bulan Juni mengikuti peluncuran pertamanya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diperkirakan kapsul Dragon akan sampai di ISS pada hari Minggu (24/12/2017), tepat pada malam Natal. Kapsul ini terakhir mengunjungi stasiun luar angkas itu pada 2015.

Kali ini Dragon mengangkut hampir 2,3 ton barang, termasuk 40 tikus untuk penelitian tentang otot, sensor dampak pertama untuk mengukur puing-puing kecil antariksa yang besarnya seukuran biji pasir, serta biji barley untuk percobaan perkecambahan dengan BUdweiser yang telah menyajikan bir pertama di Mars.

Ven Feng, manajer NASA, mengatakan bahwa ia merasa sedikit dejavu menyaksikan peluncuran roket itu pada Jumat (15/12/2017). Itu karena ia menyaksikan kembali peluncuran dan pendaratan roket yang sama sebelumnya pada Juni.

"Cukup berprestasi," kata Feng dikutip dari New York Post, Sabtu (16/12/2017).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X