Astronot Tiga Negara Siap Lakukan 200 Riset di Orbit Bumi - Kompas.com

Astronot Tiga Negara Siap Lakukan 200 Riset di Orbit Bumi

Kompas.com - 19/12/2017, 11:45 WIB
NASA astronaut Scott Tingle and crewmates Anton Shkaplerov of the Russian space agency Roscosmos and Norishege Kanai of the Japan Aerospace Exploration Agency were expected to lift off in the Soyuz MS-07 spacecraft from the Baikonur Cosmodrome. / AFP PHOTO / Shamil ZHUMATOVSHAMIL ZHUMATOV Members of the International Space Station (ISS) expedition 53/54, NASA astronaut Scott Tingle (top), Roscosmos cosmonaut Anton Shkaplerov (bottom) and Norishige Kanai of the Japan Aerospace Exploration Agency (C) (JAXA) wave as they climb a ladder to the rocket at the Russian-leased Baikonur Cosmodrome in Kazakhstan early on December 17, 2017. NASA astronaut Scott Tingle and crewmates Anton Shkaplerov of the Russian space agency Roscosmos and Norishege Kanai of the Japan Aerospace Exploration Agency were expected to lift off in the Soyuz MS-07 spacecraft from the Baikonur Cosmodrome. / AFP PHOTO / Shamil ZHUMATOV

KOMPAS.com - Pesawat luar angkasa Rusia sukses meroket menuju stasiun luar angkasa Internasional ( ISS) pada Minggu (17/12/2017) pukul 13:23 siang waktu Rusia.

Dilansir dari NPR, Kapsul Soyuz MS-07 yang lepas landas dari kompleks peluncuran antariksa Baikonur, Kazakhstan itu membawa tiga orang astronot yang berasal dari Rusia, Jepang, dan Amerika dalam ekspedisi 54/55. Mereka adalah Anton Shkaplerov dari Roscosmos, Norishige Kanai dari Badan Eksplorasi Ruang Angkasa Jepang dan Scott Tingle dari NASA.

Penerbangan antariksa ini merupakan yang pertama untuk Tingle dan Kanai. Sedangkan untuk Shkaplerov, ini merupakan misi ketiganya menuju ISS.

Awalnya perjalanan ketiganya diprediksi harus mengambil rute  berputar dan memakan waktu lebih lama, tapi ternyata Soyuz selamat sampai di orbit sekitar 10 menit setelah peluncuran.