Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Berusia 245 Juta Tahun Ini Dibilang Mirip Darth Vader, Setuju?

Kompas.com - 09/12/2017, 19:07 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber bgr

KOMPAS.com - Menemukan fosil merupakan hal yang menyenangkan bagi para arkeolog. Terlebih lagi jika fosil temuannya unik dan langka.

Sekelompok peneliti dari New Mexico Museum of Natural History dan University of Colorado di Denver adalah beberapa yang beruntung.

Mereka menemukan fosil kepiting tapal kuda kuno yang mirip dengan Darth Vader, tokoh antagonis dalam film Stars Wars, di Idaho, Amerika Serikat.

Kepiting tersebut memiliki cangkang lebar yang lebih kecil dari cangkang kepiting tapal kuda modern. Sudut cangkang juga lebih curam dan tajam daripada kepiting tapal kuda modern.

Fosil kepiting yang berusia 245 juta tahun itu kemudian dinamai Vaderlimulus tricki karena kemiripannya dengan Darth Vader.

Baca juga: Seperti Pemain Sepak Bola, Kepiting Bakau Juga Lakukan Selebrasi

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Jerman Neues Jahrbuch fur Geologie und Palaontologie ini menyebutkan bahwa fosil tersebut berasal dari periode Triassic.

Ini merupakan fosil kepiting pertama yang ditemukan dari periode tersebut, sementara sisanya berasal dari periode sebelumnya.

"Dinosaurus dan mamalia baru saja memulai perkembangan evolusioner mereka dalam periode Triassic, tapi kepiting tapal kuda sudah kuno pada masa itu," kata pihak museum dikutip dari BGR, Kamis (7/12/2017).

"Rekaman fosil mereka bahkan menunjuk ke 470 juta tahun lalu. Akan tetapi, fosil kepiting tapal kuda umumnya langka sehingga ketika ditemukan, mereka sering kali merupakan hal baru dalam sains, seperti halnya Vaderlimulus," imbuhnya.

Meski memiliki dinamai kepiting, kepiting tapal kuda sebenarnya tidak bisa dianggap kepiting sama sekali. Mereka termasuk keluarga Chelicerata yang lebih dekat dengan laba-laba dibandingkan dengan kepiting modern.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber bgr
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com