Salin Artikel

Fosil Berusia 245 Juta Tahun Ini Dibilang Mirip Darth Vader, Setuju?

KOMPAS.com - Menemukan fosil merupakan hal yang menyenangkan bagi para arkeolog. Terlebih lagi jika fosil temuannya unik dan langka.

Sekelompok peneliti dari New Mexico Museum of Natural History dan University of Colorado di Denver adalah beberapa yang beruntung.

Mereka menemukan fosil kepiting tapal kuda kuno yang mirip dengan Darth Vader, tokoh antagonis dalam film Stars Wars, di Idaho, Amerika Serikat.

Kepiting tersebut memiliki cangkang lebar yang lebih kecil dari cangkang kepiting tapal kuda modern. Sudut cangkang juga lebih curam dan tajam daripada kepiting tapal kuda modern.

Fosil kepiting yang berusia 245 juta tahun itu kemudian dinamai Vaderlimulus tricki karena kemiripannya dengan Darth Vader.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Jerman Neues Jahrbuch fur Geologie und Palaontologie ini menyebutkan bahwa fosil tersebut berasal dari periode Triassic.

Ini merupakan fosil kepiting pertama yang ditemukan dari periode tersebut, sementara sisanya berasal dari periode sebelumnya.

"Dinosaurus dan mamalia baru saja memulai perkembangan evolusioner mereka dalam periode Triassic, tapi kepiting tapal kuda sudah kuno pada masa itu," kata pihak museum dikutip dari BGR, Kamis (7/12/2017).

"Rekaman fosil mereka bahkan menunjuk ke 470 juta tahun lalu. Akan tetapi, fosil kepiting tapal kuda umumnya langka sehingga ketika ditemukan, mereka sering kali merupakan hal baru dalam sains, seperti halnya Vaderlimulus," imbuhnya.

Meski memiliki dinamai kepiting, kepiting tapal kuda sebenarnya tidak bisa dianggap kepiting sama sekali. Mereka termasuk keluarga Chelicerata yang lebih dekat dengan laba-laba dibandingkan dengan kepiting modern.

https://sains.kompas.com/read/2017/12/09/190700823/fosil-berusia-245-juta-tahun-ini-dibilang-mirip-darth-vader-setuju-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.