Terbukti dari Abad ke-4, Inikah Tulang Panggul Sinterklas?

Kompas.com - 06/12/2017, 21:48 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Mitos tentang Santa Claus atau Sinterklas tetap hidup sampai kini. Namun, tahukah Anda bahwa Sinterklas memang benar-benar ada dan merupakan titisan dari Santo Nikolas, uskup atau pemuka agama Katholik pada abad ke-4?

Bila pada Oktober lalu, para arkeolog Turki menyebut telah menemukan makamnya; kali ini sebuah tulang panggul yang diklaim milik Santo Nikolas telah terbukti memiliki usia yang tepat.

Dilansir dari laman Telegraph, Rabu (6/12/2017), para peneliti dari Universitas Oxford menganalisis potongan tulang panggul yang diyakini milik Santo Nikolas menggunakan tes karbon radio.

Baca Juga: Sinterklas Nyata, Arkeolog Klaim Temukan Makamnya

Hasilnya, relikui tersebut memang berasal dari zaman ketika Santo Nikolas, yang meninggal pada tahun 343 SM, masih hidup.

Analisis umur tulang panggul ini dipimpin oleh Tom Higham dan Georges Kazan.

Meski menemukan bahwa usia tulang panggul sangat sesuai dengan catatan sejarah Santo Nikolas, para peneliti berkata bahwa hasil tes tidak dapat memberikan bukti siapa pemiliknya.

"Banyak relikui yang kita pelajari ternyata berasal dari periode yang berbeda. Fragmen tulang ini menunjukkan bahwa kita mungkin sedang melihat sisa peninggalan Santo Nikolas," jelas Hingham.

Kini, para periset berniat mencocokkan DNA tulang ini dengan tulang lain milik Santo Nikolas untuk mengetahui apakah tulang tersebut berasal dari tubuh yang sama atau tidak.