Tiga Reptil Asal Australia Punah, Ilmuwan Pertanyakan Sebabnya

Kompas.com - 05/12/2017, 21:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Berita kepunahan hewan terus saja menghiasi berbagai media. Kali ini tiga reptil asli Australia dinyakatakan punah oleh the International Union for the Conservation of Nature's (IUCN).

Sebuah penelitian yang dirilis di Tokyo, Selasa (5/12/2017), menyebutkan para ilmuwan masih bingung mengenai penyebab kepunahan tiga jenis reptil dari Pulau Christmas, Australia tersebut.

Ketiga hewan tersebut adalah tokek lister, kadal berekor biru, dan kadal hutan pulau Christmas.

"Kepunahan adalah cerita misteri yang menarik, karena penyebabnya tetap tidak jelas," kata John Woinarski, profesor biologi konservasi di Universitas Charles Darwin, Australia Utara dikutip dari AFP, Selasa (5/12/2017).

Baca juga: Penguin Mata Kuning Terancam Punah, Apakah karena Ulah Nelayan?

IUCN juga menyebutkan bahwa populasi reptil di pulau Christmas atau di selatan Indonesia telah menurun dengan cepat sejak 1970-an.

Spekulasi penyebab kepunahan adalah kedatangan seekor ular pada 1980-an. Ilmuwan juga mempertimbangkan kemungkinan perubahan lingkungan akibat invasi semut gila kuning (Anoplolepis gracilipes) sebagai penyebab kepunahan ini.

Untuk menekan angka kepunahan, para ilmuwan mencoba membuat program pengembangbiakan untuk kadal hutan yang saat ini dinyatakan punah. Sayangnya, hal tersebut sia-sia.

Tokek lister dan kadal berekor biru, misalnya. Keduanya memiliki populasi "penangkaran" yang sudah mapan, tetapi usaha tersebut tidak membuat mereka bisa bertahan dari kepunahan.