Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Reptil Asal Australia Punah, Ilmuwan Pertanyakan Sebabnya

Kompas.com - 05/12/2017, 21:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Berita kepunahan hewan terus saja menghiasi berbagai media. Kali ini tiga reptil asli Australia dinyakatakan punah oleh the International Union for the Conservation of Nature's (IUCN).

Sebuah penelitian yang dirilis di Tokyo, Selasa (5/12/2017), menyebutkan para ilmuwan masih bingung mengenai penyebab kepunahan tiga jenis reptil dari Pulau Christmas, Australia tersebut.

Ketiga hewan tersebut adalah tokek lister, kadal berekor biru, dan kadal hutan pulau Christmas.

"Kepunahan adalah cerita misteri yang menarik, karena penyebabnya tetap tidak jelas," kata John Woinarski, profesor biologi konservasi di Universitas Charles Darwin, Australia Utara dikutip dari AFP, Selasa (5/12/2017).

Baca juga: Penguin Mata Kuning Terancam Punah, Apakah karena Ulah Nelayan?

IUCN juga menyebutkan bahwa populasi reptil di pulau Christmas atau di selatan Indonesia telah menurun dengan cepat sejak 1970-an.

Spekulasi penyebab kepunahan adalah kedatangan seekor ular pada 1980-an. Ilmuwan juga mempertimbangkan kemungkinan perubahan lingkungan akibat invasi semut gila kuning (Anoplolepis gracilipes) sebagai penyebab kepunahan ini.

Untuk menekan angka kepunahan, para ilmuwan mencoba membuat program pengembangbiakan untuk kadal hutan yang saat ini dinyatakan punah. Sayangnya, hal tersebut sia-sia.

Tokek lister dan kadal berekor biru, misalnya. Keduanya memiliki populasi "penangkaran" yang sudah mapan, tetapi usaha tersebut tidak membuat mereka bisa bertahan dari kepunahan.

Baca juga: Hampir Punah, Spesies Katak Baru Ditemukan di Jalan yang Terbengkalai

"Dalam kasus ini, tingkat keparahan penurunan diungkapkan sangat terlambat untuk menyelamatkan reptil di Pulau Christmas ini," ujar Woinarski.

Sementara itu, IUCN telah memberikan peringatan mengenai possum ekor cincin barat. Tadinya, populasi hewan ini dinyatakan rentan, tetapi kini menjadi kritis terancam punah karena penurunan jumlah populasi hingga 80 persen dalam 10 tahun terakhir.

Dalam kasus hewan possum, ilmuwan menduga perubahan iklim menjadi penyebabnya karena hewan ini rentan terhadap suhu panas. Selain itu, sumber makanan possum juga telah banyak menyusut.

"Iklim panas mendorong possum ekor cincin ke ambang kepunahan," kata laporan tersebut.

Selain kabar menyedihkan di atas, IUCN juga membawa kabar baik mengenai dua spesies kiwi di Selandia baru. Status dua spesies tersebut berhasil ditingkatkan, dari terancam menjadi rentan, karena upaya konservasi dan pengendalian dari pemangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com