Kompas.com - 05/12/2017, 20:30 WIB
|
EditorMichael Hangga Wismabrata

KOMPAS.com -- Anjing dan kucing mungkin adalah dua hewan yang paling sering dibandingkan oleh manusia. Baru-baru ini, rivalitas keduanya kembali diuji setelah para peneliti menguji tingkat kepandaian beberapa hewan karnivora.

Dipublikasikan di jurnal Frontiers in Neuroanatomy, para peneliti mencoba menyelidiki hal ini dengan melakukan pengukuran terhadap jumlah neuron. Neuron adalah sel saraf khusus yang ditemukan di otak untuk mentransmisikan sebuah pesan.

Hasilnya, anjing memiliki sekitar dua kali jumlah neuron di korteks serebral mereka dibandingkan kucing, dan mungkin dua kali lebih cerdas dibandingkan kucing.

"Dalam penelitian ini, kami tertarik untuk membandingkan spesies karnivora yang berbeda untuk melihat jumlah neuron di otak mereka bila dibandingkan dengan ukuran otak," kata Dr. Suzana Herculano-Houzel dari Universitas Vanderbilt, Amerika Serikat dikutip dari Sci-News, Jumat (1/12/2017).