Kompas.com - 24/11/2017, 21:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Setelah Thomas Alva Edison menemukan lampu, malam hari di bumi tak lagi gelap. Bahkan bisa dibilang semakin terang saja tiap tahunnya.

Sebuah penelitian tentang gambar bumi di malam hari mengungkapkan bahwa cahaya buatan telah tumbuh lebih cerah dan lebih luas setiap tahun. Bahkan, antara tahun 2012-2016, area outdoor yang dihiasi lampu meningkat lebih dari dua persen per tahun.

Para peneliti menyebutnya sebagai "hilangnya malam". Mereka juga berkata bahwa di beberapa negara, hal ini memiliki konsekuensi negatif untuk semua makhluk hidup.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal Science Advance ini menggunakan radiometer satelit miliki NASA untuk mengukur kecerahan cahaya malam hari.

Baca juga: Misteri Alam, Mengapa Malam Itu Gelap?

Hasilnya, perubahan kecerahan dari waktu ke waktu sangat bervariasi menurut negaranya. Misalnya saja beberapa "negara terang", seperti Amerika Serikat dan Spanyol, tidak terlihat perubahan.

Sementara itu, sebagian besar negara di Amerika Selatan, Afrika, dan Asia tumbuh lebih cerah. Ada pula negara yang mengalami penurunan kecerahan seperti Yaman dan Suriah yang saat ini menghadapi perang.

Cahaya terang sepanjang malam memang terlihat sangat indah, tetapi ada konsekuensi yang tidak diinginkan bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Biarkan malam tetap gelap

Pada 2016, American Medical Association secara resmi mengakui dampak berbahaya dari desain buruk pencahanyaan LED intensitas tinggi.

Mereka menyarankan untuk "meminimalkan dan mengendalikan pencahayaan biru lingkungan dengan menggunakan sinar biru terendah yang mungkin untuk mengurangi silau. Melatonin, zat yang merangsang tidur, sangat sensitif terhadap cahaya biru."

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.