Kompas.com - 22/11/2017, 19:07 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

SINGAPURA, KOMPAS.com –- Kanker dalam berbagai bentuknya menjadi penyakit yang menakutkan di seluruh dunia. Bagi orang yang mengidap kanker, perkembangan sel tak terkendali yang berada di tubuh manusia itu dapat berujung pada kematian.

Di antara semua jenis kanker, kanker paru merupakan yang paling banyak dijumpai.

Penyakit ini dapat dibagi menjadi dua: kanker paru sel kecil (SCLC) dan non sel-sel kecil (NSCLC). Persentase kemunculan SCLC sebesar 15 persen dari semua kasus kanker paru, sedangkan NSCLC sebesar 80-85 persen.

Kemudian, NSCLC terbagi mejadi beberapa bagian. Adenocarcinoma sebesar 40 persen, squamous cell carcinoma sebesar 30 persen, dan large cell carcinoma sebesar 10 persen.

Baca juga : Kanker Paru, Mengapa Sulit Terdeteksi?

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan, hampir 1,7 juta orang terdiagnosis mengidap kanker paru pada tahun 2015. Angka kematiannya pun tidaklah sedikit. World Cancer Research Fund menyatakan bahwa setiap tahunnya, 1,59 juta orang meninggal akibat penyakit ini.

 

Akan tetapi, perlu diingat bahwa meski Anda terdiagnosis memiliki kanker paru, hidup tak berakhir begitu saja. Serangkaian pengobatan masih dapat dilakukan, setidaknya untuk memperpanjang angka harapan hidup.

Pengobatan Kanker Paru

Bentuk pengobatan kanker paru dipengaruhi oleh stadium kanker yang berada di tubuh pasien, yakni stadium 1 hingga 4, antara lain adalah operasi bedah, radioterapi, kemoterapi, imunoterapi, dan terapi yang ditargetkan (targeted therapy).

Dr Sita Andarini, PhD, SpP(K) mengatakan, bedah dapat menyembuhkan pasien kanker paru. Namun, syaratnya kanker masih berada pada stadium awal, yakni stadium 1, stadium 2, dan stadium 3A.

“Apakah setelah bedah nanti dikemoterapi atau apa, tapi untuk bedah bisa dilakukan pada stadium dini,” kata Sita saat ditemui di sela acara European Society for Medical Oncology (ESMO) Asia 2017, Suntec Convention Center, Singapura, Sabtu (19/11/2017).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.