Kompas.com - 20/11/2017, 21:30 WIB
Omuamua melewati matahari pada 9 September 2017. Ia bergerak dengan kecepatan 44 kilometer per detik. NASA/JPL-Caltech/IAUOmuamua melewati matahari pada 9 September 2017. Ia bergerak dengan kecepatan 44 kilometer per detik.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com --  Asteroid pertama yang mengunjungi tata surya kita dari ruang antarbintang akhirnya diberi nama Oumuamua yang berarti “pembawa pesan yang datang pertama dari jauh” dalam bahasa Hawaii.

Nama tersebut diberikan karena Oumuamua ditemukan oleh astronom dari University of Hawaii Institute for Astronomy, Rob Weryk dan Marco Micheli, pada tanggal 18 Oktober 2017 yang menggunakan teleskop Pan-Starss di Maui, Hawaii.

Baca juga : Pertama Kali dalam Sejarah, Asteroid Alien Datangi Tata Surya Manusia

Dalam laporan yang sudah dikirimkan ke Astrophysical Journal Letters, Weryk dan Micheli yang mengalkulasikan orbitnya mencatat bahwa Oumuamua bergerak dengan sangat cepat, yakni 44 kilometer per detik atau 158.400 kilometer per jam.

Saking cepatnya, Oumuamua bisa melewati tata surya kita dengan lintasan yang aneh, tanpa terseret oleh gravitasi matahari, dan diprediksi berasal dari ruang antarbintang.

Meski asal-usulnya sangat unik, Oumuamua memiliki penampilan yang sangat umum. Ia berukuran 180 meter kali 30 meter, dan menyerupai cerutu rokok.

Baca juga : Asteroid Alien Mendekati Kita dan Ini yang Terjadi jika Hantam Jakarta

Dikutip oleh BBC 17 November 2017, salah satu penulis studi Jayadev Rajagopal dari National Optical Astronomy Observatory Amerika Serikat mengatakan, jika planet terbentuk di sekitar bintang lain seperti cara planet terbentuk di tata surya kita, maka akan ada banyak obyek seukuran Oumuamua yang terlempar keluar dalam prosesnya.

“U1 (Oumuamua) mungkin adalah bukti langsung pertama kita bahwa sistem planet di sekitar bintang lain melemparkan obyek ketika mereka terbentuk,” ujarnya.

Selain Oumuamua, asteroid ini juga telah diberi nama 1I/2017 U1 oleh International Astronomical Union (IAU). Huruf “I” di sini adalah singkatan untuk interstellar (antarbintang) dan Oumuamua adalah obyek pertama yang mendapat “I” di dalam namanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber SPACE.COM,BBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.