Misi Besar UEA Tanam Kurma di Mars dan Berjaya Tanpa Minyak Diungkap

Kompas.com - 15/11/2017, 13:00 WIB
Kubah Mars di UAE dimaksudkan sebagai gladi resik untuk menumbuhkan makanan di Mars itu sendiri. Kubah Mars di UAE dimaksudkan sebagai gladi resik untuk menumbuhkan makanan di Mars itu sendiri.

KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) makin menunjukkan ambisinya untuk menjajaki planet Mars.

Sebelumnya, negara yang kaya akan minyak bumi ini berencana menjalankan program bertajuk 'a 100-year national program' untuk menyiapkan para peneliti menjejakkan kaki di Mars yang akan berlangsung April tahun depan.

Meski rencana UEA Mars untuk meninggalkan Bumi pada 2020 belum terlaksana, mereka telah memiliki rencana baru, yaitu menanam tumbuh-tumbuhan seperti pohon kurma dan selada di planet merah.

"Ada kesamaan antara Mars dan padang pasir. Pemandangan UEA, tanah, semuanya serupa," jelas Rashid Al Zaasi, perencana strategis senior dari UEA Space Agency, seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/11/2017).