Misi Besar UEA Tanam Kurma di Mars dan Berjaya Tanpa Minyak Diungkap

Kompas.com - 15/11/2017, 13:00 WIB
Kubah Mars di UAE dimaksudkan sebagai gladi resik untuk menumbuhkan makanan di Mars itu sendiri. Kubah Mars di UAE dimaksudkan sebagai gladi resik untuk menumbuhkan makanan di Mars itu sendiri.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) makin menunjukkan ambisinya untuk menjajaki planet Mars.

Sebelumnya, negara yang kaya akan minyak bumi ini berencana menjalankan program bertajuk 'a 100-year national program' untuk menyiapkan para peneliti menjejakkan kaki di Mars yang akan berlangsung April tahun depan.

Meski rencana UEA Mars untuk meninggalkan Bumi pada 2020 belum terlaksana, mereka telah memiliki rencana baru, yaitu menanam tumbuh-tumbuhan seperti pohon kurma dan selada di planet merah.

"Ada kesamaan antara Mars dan padang pasir. Pemandangan UEA, tanah, semuanya serupa," jelas Rashid Al Zaasi, perencana strategis senior dari UEA Space Agency, seperti dikutip dari BBC, Rabu (15/11/2017).

Baca Juga: Lawan Kekeringan, Perusahaan Ini Ingin Boyong Gunung Es ke UAE

Dengan ini, UEA rela menggelontorkan makin banyak uang untuk proyek bercocok tanamnya. Selain ingin menanam pohon kurma dan selada, mereka juga membayangkan dapat menanam tomat dan stroberi di planet merah.

"Nah, kalau sudah sampai di sana kan kita harus makan," sambung Al Zaadi.

Tujuan bisnis

Pohon kurma dipilih sebagai simbol dari negara UEA. Sementara untuk tiga pohon lainnya, menurut Al Zaadi, semua peneliti memperkirakan ketiganya bisa tumbuh di Mars.

Meski terdengar aneh, sebenarnya alasan utama dari bercocok tanam di Mars adalah untuk perekonomian.

UEA, khususnya Dubai dan Abu Dhabi, mencoba memompa perekonomian di masa depan dalam rangka mempersiapkan diri berakhirnya kejayaan minyak.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber BBC

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X