Kompas.com - 12/11/2017, 19:05 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Kepunahan bukan kabar baru dari dunia satwa. Namun, sebuah foto yang beredar di Twitter selama beberapa hari terakhir benar-benar menyedihkan.

Foto yang diunggah oleh akun Twitter @BiologistDan menampilkan badak putih utara jantan terakhir di dunia. Dalam foto tersebut, badak bernama Sudan itu terlihat sedang berbaring.

Dalam kicauannya, Daniel Schneider, pemilik akun sekaligus ahli biologi di Boston menulis: "Ingin tahu seperti apa itu kepunahan? Ini adalah badak putih utara jantan terakhir. Yang terakhir. Tidak ada lagi."

Foto ini muncul setelah beberapa bulan sebelumnya Sudan tampil sebagai iklan di situs kencan Tinder. Iklan tersebut sebenarnya bertujuan menggalang dana untuk mengembangbiakan spesies ini.

Baca juga: Badak Putih Utara Mati, Tersisa 4 di Dunia

Pada bulan April 2017, konservasi OI Pejeta mengunggah iklan Sudan dalam aplikasi Tinder dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran tentang kepunahan spesies ini.

Dikutip dari Dailymail, Rabu (8/11/2017), Richard Vigne, Chief eksekutif konservasi tersebut mengatakan, ini merupakan pilihan terakhir untuk menyelamatkan spesies setelah semua upaya pembiakan sebelumnya terbukti sia-sia.

Tinder Sudan

Profil Sudan di Tinder menceritakan sedikit informasi latar belakang badak putih utara jantan itu. Ketika para pengguna aplikasi kencan ini menggeser ke kanan agar "Cocok" pada profil itu, mereka akan diarahkan pada laman untuk memberikan sumbangan.

"Saya tidak bermaksud untuk terlalu blak-blakan, tapi nasib spesies ini benar-benar bergantung pada saya," isi profil Tinder tersebut.

Sudan merupakan satu-satunya badak putih utara jantan yang tersisa. Ia juga merupakan satu dari tiga badak putih utara yang masih hidup.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.