Kompas.com - 08/11/2017, 17:10 WIB
|
EditorResa Eka Ayu Sartika


KOMPAS.com - Gegar otak bisa dialami oleh siapa saja. Namun, yang paling berpotensi mengalami hal ini adalah atlet dan anggota militer yang kerap menghadapi benturan.

Kebanyakan orang yang mengalami gegar otak, setelah tidak sadarkan diri atau amnesia,  dapat langsung pulih.

Akan tetapi, ada juga yang mengalami sindrom pasca-gegar otak. Setidaknya ada lima persen orang yang mengalami masalah seperti ini. Gejalanya seperti sakit kepala, perubahan mood, gangguan tidur, dan sakit kepala setelah mengalami benturan.

Salah satunya terjadi pada mantan pemain American football The National Football League (NFL), Ryan Miller. Dia masih harus bertarung melawan migrain, depresi, hilang ingatan, dan kejang yang sudah berlangsung selama dua tahun sejak pensiun dari liga.

Gejala neurologis ini muncul karena adanya kerusakan pembuluh darah kecil pada otak. Hal ini mengakibatkan perjalanan oksigen tersumbat dan tidak bisa memberi makan sel otak.

BACA: Menurut Studi Baru, Migrain adalah Cara Tubuh Melindungi Otak

Shai Efrati dari Universitas Tel Aviv Israel dan koleganya telah menyelidiki apakah terapi oksigen hiperbarik (berhubungan dengan tekanan udara yang lebih besar daripada normal) dapat membantu kasus semacam ini.

Dalam penelitian tersebut, pasien diminta duduk di ruang perawatan untuk diberikan oksigen murni bertekanan tinggi. Langkah ini memungkinkan pasien untuk dapat menghirup 100 persen oksigen murni yang akan dihantarkan ke otak melalui aliran darah.

Dalam penelitian yang dipublikasikan pada 2013 melalui jurnal PLOSOne ini, peneliti menemukan bahwa 40 sesi terapi oksigen hiperbarik yang dilakukan selama satu jam dapat meningkatkan fungsi kognitif dan kualitas hidup 56 orang dengan sindrom pasca gegar otak.

Latar belakang pasien bermacam-macam. Ada yang pernah mengalami kecelakaan mobil, jatuh, serangan, cidera non-militer, dan lain sebagainya. Bahkan, ada pasien yang sudah mengalami kecelakaan selama enam tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.