Kompas.com - 06/11/2017, 19:08 WIB
Orangutan Batang Toru atau Tapanuli lebih dekat hubungannya dengan Orangutan Kalimantan daripada Orangutan Sumatera. Mereka hidup di sebuah hutan terisolasi yang ada di pegunungan Sumatera. Orangutan Batang Toru atau Tapanuli lebih dekat hubungannya dengan Orangutan Kalimantan daripada Orangutan Sumatera. Mereka hidup di sebuah hutan terisolasi yang ada di pegunungan Sumatera.

KOMPAS.com -- Berita soal ditemukannya orangutan tapanuli atau Pongo tapanuliensis menjadi kabar menggembirakan bagi dunia sains.

Namun, kabar penemuan spesies ini tampaknya juga akan menjadi penanda bagi para peneliti untuk bekerja lebih keras lagi.

Apa pasal? Tak beda jauh dengan kedua kerabatnya, orangutan tapanuli yang ditemukan di Batang Toru, sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, ini diprediksi hanya tinggal 800 ekor saja di alam liar.

Mereka dibunuh sebagai hama pertanian, diburu untuk perdagangan hewan, serta terancam kehilangan habitatnya.

Ini artinya, waktu peneliti semakin sempit untuk mempelajari spesies yang baru teridentifikasi tersebut.