Kompas.com - 03/11/2017, 08:07 WIB
Ilustrasi penuaan as3dIlustrasi penuaan
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com –- Meski sudah kodrat, menjadi tua bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Kulit mengendur dan menjadi keriput, rambut memenutih, dan tubuh tak lagi sekuat dulu.

Produsen kecantikan pun berusaha menawarkan berbagai "solusi", mulai dari perawatan kulit anti penuaan, diet khusus, hingga menggunakan “sel punca” dari buah atau hewan.

Namun, penelitian yang dipulikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences pada Oktober 2017 berkata sebaliknya: secara matematis, proses penuaan tidak mungkin dihentikan.

Penelitian yang dilaksanakan oleh peneliti postdoctoral Paul Nelson dan profesor ekologi dan biologi evolusioner Joanna Masel dari Universitas Arizona ini didasarkan pada kerjasama sel individu dan fungsi tubuh.

Baca juga : Pada Sel Punca Otak, Ilmuwan Temukan Kunci Umur Panjang

Pertambahan usia menimbulkan dua skenario. Sel akan melambat dan kehilangan fungsi seperti perubahan warna rambut, atau sel berkembang biak secara tak terkendali yang berujung menjadi kanker.

Model matematis dari kompetisi antar sel pun diciptakan. Kedua peneliti juga menggunakan gagasan seleksi alam yang menunjukkan pembersihan sel lambat mampu menghentikan proses penuaan.

Namun, ini punya konsekuensi tersendiri. Pembersihan sel memberi ruang bagi sel kanker untuk berkembang biak. Jika meniadakan sel kanker, sel lambat akan terakumulasi dan semakin memburuk secara perlahan.